oleh

RSAL dr. MDTS Adakan Apel Khusus Dalam Rangka Pembacaan Amanat Aspers Kasal dan Exit Birefing Karumkit

OKEBUNG|
Kepala Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (Karumkital) dr. Midiyato Suratani, Kolonel Laut (K) dr. Tanto Budiharto, Sp.JP.,M.A.R.S, belum lama ini mengadakan apel khusus dalam rangka pembacaan amanat Aspers Kasal pada upacara peringatan Harkesal ke-73 tahun 2021, sekaligus dirangkaian exit briefing dirinya kepada seluruh personil Rumkital setempat menjelang serah terima jabatannya kepada Kolonel Laut (K) dr. Edwin M. Kamil, Sp.B. Kegiatan acara tersebut diadakan di Lapangan Apel Rumkital dr. Midiyato Suratani Jln. Ciptadi No. 01 Tanjungpinang, Kepri, pada hari Senin (11/10/2021).

Dalam pelaksanaan apel khusus yang dipimpinnya tersebut, Karumkit membacakan amanat Aspers Kasal Laksamana Muda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han).,CHRMP tentang peringatah Hari Kesehatan TNI Angkatan Laut (Harkesal) tahun 2021. Beliau menyampaikan sesuai amanat yang dibaca, “bahwasannya Aspers Kasal menjelaskan, Peringatan Harkesal kali ini, diperingati masih dalam kekhawatiran ditengah pandemi Covid-19 yang belum usai, sekalipun secara nasional kasusnya sudah turun dan terkendali”. Aspers Kasal juga mengingatkan, “bahwa prajurit kita sudah banyak yang terpapar covid-19, hal ini disebabkan oleh interaksi sosial di lingkungan kedinasan maupun di luar kedinasan dan masih ada yang mengabaikan tentang protokol kesehatan”. “Oleh karena itu hal yang harus dilakukan berikutnya adalah ”Penerapan protokol kesehatan secara disiplin dan konsisten, serta melaksanakan imunisasi vaksin Covid-19 bagi seluruh prajurit TNI AL beserta keluarganya dalam rangka mendukung program pemerintah, agar tercapai herd imunity sehingga pandemi Covid-19 bisa terkendali sepenuhnya”.

“Aspers Kasal mengajak kepada seluruh personil untuk bersatu padu, saling menjaga, baik menjaga diri sendiri, keluarga dan orang lain yang ada disekitar kita dari bahaya penularan Covid-19, karena hal tersebut adalah bentuk upaya kita dalam memerangi Covid-19”. “Sesuai dengan tema Hari Kesehatan TNI Angkatan Laut tahun 2021 “Dengan Semangat Harkesal, TNI AL Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh” melalui Diskesal selaku badan pelaksana pusat TNI AL diharapkan dapat melaksanakan pembinaan kesehatan yang baik dan paripurna, sehingga dapat mewujudkan kesehatan prajurit TNI AL beserta keluarganya, karena hal tersebut merupakan salah satu modal dasar untuk melanjutkan pembangunan nasional”. Dengan tema kali ini Aspers Kasal mengharapkan “seluruh prajurit TNI AL terutama bagi Korps Kesehatan mempunyai kesatuan pandangan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya agar mengutamakan penyiapan kesehatan prajurit TNI AL dan keluarganya”. Aspers Kasal mengingatkan “penyiapan kesehatan prajurit TNI AL bukanlah pekerjaan yang mudah, pekerjaan ini membutuhkan usaha yang keras dan kerja dari para Komandan Satuan sehingga perlu ditekankan kepada seluruh anggotanya untuk selalu menjaga kesehatan, menerapkan prokes dan melaksanakan uji pemeriksaan kesehatan secara rutin dan berkala”.

Untuk dapat dipedomi, Karumkit menjelaskan, ada beberapa penekanan yang disampaikan dalam amanat Asper Kasal, salah satu diantaranya adalah “selain meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, karena segala pertolongan termasuk penyembuhan penyakit Covid-19 adalah datangnya dari Tuhan YME, juga agar mempersiapkan sarana prasarana Faskes TNI AL dalam menghadapi tantangan penugasan kedepan terkait penggelaran kekuatan TNI AL, satuan-satuan operasi dan perkembangan lingkungan strategis. Jalin kerjasama yang baik antar satuan maupun instansi diluar TNI AL dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19”.

Selesai pembacaan amanat Aspers Kasal, moment tersebut dimanfaatkan oleh Karumkit untuk melaksanakan Exit Briefing, mengingat pada hari Selasa tanggal 12 Oktober beliau bersama stafnya berangkat ke Jakarta untuk melaksanakan persiapan Sertijab. Pada kesempatan tersebut, sebelum mengakhiri masa tugas dan kepemimpinannya, beliau mengatakan bahwa “rasa bangga dan penghargaan yang tinggi disampaikan kepada seluruh personel Rumkital terkait atas dedikasi, loyalitas dan disiplin serta kebersamaan dan kerja keras yang ditunjukkan selama ini, sehingga mampu dan membawa Rumkital setempat kearah yang lebih baik”. Menyampaikan “terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga besar Rumkital setempat atas bantuan, dukungan dan kerja sama yang baik kepadanya selama menjabat sebagai Karumkital dr. Midiyato Suratani. Selain itu berharap kepada seluruh personel “agar memberikan dukungan yang sama kepada pemimpin yang baru dan tetap berkarya maksimal, ulet, kreatif dan inovatif diimbangi dengan keikhlasan dalam bekerja”. Mengakhiri pengarahannya Karumkit menyampaikan “Atas nama pribadi dan keluarga menyampaikan permohonan maaf apabila ada kekhilafan baik sikap, kata dan perbuatan selama memimpin, serta mengingatkan kepada seluruh personel untuk tetap selalu menjaga kesehatan, mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi covid-19”.

Selesai memberikan pengarahan dalam giat exit briefing, kemudian Karumkit melaksanakan potong tumpeng sebagai rasa tanda syukur dalam giat yang dilaksanakan, kemudian diserahkan kepada PNS Tertua dan PPNPN termudah.

Hadir dalam kegiatan tersebut, para Waka, Kapokli, para Kadep, para Kasatker dan seluruh personil RSAL dr. Midiyato Suratani baik Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS serta PPNPN Rumkital setempat. Kegiatan dilaksanakan secara sederhana, dapat dilaksanakan dengan tertib, aman dan lancar serta tetap mematuhi protokol kesehatan. (MJA/Onasis/Humas Pen RSAL dr. MDTS).

Berita Lainnya