oleh

Ribuan Peserta Ikuti Bakti Sosial Kesehatan Hari Juang TNI AD 2019 di Jajaran Korem 042/Gapu

OKEBUNG|
Kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Kesehatan Hari Juang TNI AD 2019, yang berlangsung secara serentak di seluruh jajaran Korem 042/Gapu diikuti sekitar 4.000 lebih peserta.

Hal tersebut disampaikan Komandan Korem 042/Gapu, Kolonel Arh Elphis Rudy, M,Sc.S.S, dalam penyampaiannya saat di wawancarai awak media setelah acara kegiatan Syukuran di Makorem 042/Gapu, Selasa (17/12/2019).

Diungkapkan Danrem, selain kegiatan internal berupa Do’a bersama, Ziarah rombongan di Taman Makam Pahlawan, satuan jajaran Korem 042/Gapu juga menggelar berbagai kegiatan bersama dan untuk masyarakat diantaranya, Bakti Sosial berupa Operasi Bibir Sumbing, Donor Darah, Khitanan Massal, Pemeriksaan Kesehatan, serta pembagian paket sembako.

“Seperti yang kita laksanakan beberapa hari yang lalu, kita melaksanakan Bakti Sosial berupa operasi bibir sumbing, pemeriksaan kesehatan, donor darah serta Karya Bhakti di beberapa tempat Ibadah,” ujar Elphis.

Secara keseluruhan, lanjut Elphis, baik Baksos Kesehatan terpusat dan tersebar diikuti 4.441 peserta, yang terdiri dari 754 Donor Darah, 900 orang pengobatan Gratis, 750 orang penerima sembako, 500 orang menerima Kaca Mata Baca, pasar murah 1500 orang, sedangkan di RS Dr. Bratanata Jambi sendiri operasi bibir sumbing diikuti 37 orang,” ungkap Elphis.

Selain bakti sosial tadi, tambah Elphis, Korem 042/Gapu beserta jajaran juga melaksanakan Karya Bakti yaitu pembersihan lingkungan tempat sarana ibadah diseluruh Kodim jajaran Korem 042/Gapu, untuk di Garnizun Jambi dilaksanakan pembersihan di Masjid Nurdin Hasanah, Gereja Santa Theresia dan Vihara Hoa Liong Kiong Jambi juga di Taman Makam Pahlawan dan Tugu Juang Kota Jambi.

Disamping itu kita juga melaksanakan Gowes bersama TNI – Polri dan Komunitas Gowes Jambi beserta Masyarakat, lumayan banyak diikuti sekitar 1500 an peserta. Itu semua dilakukan sebagaimana tema Hari Juang TNI AD kali ini, TNI AD Adalah Kita, tegas Elphis.

“Tema tersebut mengandung makna bahwa TNI AD bersama rakyat dan elemen bangsa lainnya selalu manunggal atau menjadi satu kesatuan dalam menghadapi setiap ancaman. TNI Angkatan Darat sebagai bagian tak terpisahkan dari rakyat Indonesia,” pungkasnya.

Dalam Bakti Sosial tersebut, sesuai dengan doktrin dari TNI yakni Sapta Marga yang berbunyi memelopori usaha – usaha dalam mengatasi kesulitan rakyat yang tidak mampu untuk menyetarakan kesejahteraan rakyat Indonesia.

“Dalam kegiatan ini kami berusaha untuk memberikan sumbangsih yang terbaik untuk rakyat dengan bekerjasama dengan Yayasan Dian Mandiri Jakarta dan Tenaga Sosial Solidaritas Indonesia serta dengan Satuan Badan Pelaksana Korem dan Instansi terkait untuk menyukseskan kegiatan bakti sosial ini,” ujarnya.(fds/penremgapu)

News Feed