oleh

PWI Sumut Gelar Uji Kompetensi Angkatan VI

MEDAN-OKB|
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan VI dengan menghadirkan penguji dari PWI Pusat pada tanggal 25-26 Agustus 2014 di Gedung PWI Sumut Jalan Adinegoro No.4 Medan.

Ketua PWI Sumut Drs Muhammad Syahrir didampingi Sekretaris Edward Thahir S.Sos dan Panitia Pelaksana Rizal Rudi Surya SH, kemarin, menjelaskan, UKW Angkatan VI tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut program PWI Pusat dan amanat Peraturan Dewan Pers Nomor 1 Tanggal 2 Februari 2010.

Tujuan UKW, sebut Syahrir, pertama untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan. Kedua, menjadi acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan Pers. Ketiga, menegakkan kemerdekaan Pers berdasarkan kepentingan publik.

Keempat, menjaga harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual. Kelima, menghindarkan penyalahgunaan profesi wartawan, dan keenam, menempatkan wartawan pada kedudukan strategis dalam industri Pers.

“Melalui pelaksanaan UKW diharapkan profesionalisme wartawan tetap terjaga dalam menjalankan tugas jurnalistik dengan senantiasa mempedomani UU No.40 tahun 1999 tentang Pers, menaati kode etik jurnalistik dan peraturan perundang-undangan terkait lainnya,” kata Syahrir.

UKW angkatan VI yang akan diikuti 35 peserta itu menghadirkan lima penguji dari PWI Pusat, serta mengikutkan empat Penguji Pendamping (Magang) dari PWI Sumut masing-masing Drs. Muhammad Syahrir, H. War Djamil SH, H. Hermansjah SE, dan Dedi Sahputra MA.

Sementara Panitia Pelaksana Rizal Rudi Surya menjelaskan, untuk pelaksanaan UKW Angkatan VI diawali kegiatan pembekalan yang materinya memaparkan teknis pelaksanaan atau pra UKW.

Diimbau Rizal Surya, bagi anggota PWI yang akan mengikuti UKW diharapkan mendaftarkan diri Sekretariat PWI Sumut. “Peserta saat UKW wajib membawa Laptop dan flashdisck, serta hadir tepat waktu mulai pukul 9 WIB,” tegas Rizal. (dna/rel)

News Feed