oleh

Puskopkar “A” Bukit Barisan Siapkan 100 Kavlingan Untuk Relokasi Penggarap Ramunia

OKEBUNG|
Puskopkar “A” Kodam 1 /Bukit Barisan mempersiapkan 100 Tanah kavlingan untuk relokasi penggarap di Blok 18 Dusun Mawar Baru Desa Perkebunan Ramunia Kec. Pantai Labu Kab. Deli Serdang.

Setum Puskopkar “A” BB mengatakan kepada Bapak dan Ibu yang sudah mendapatkan kupon kavlingan HGU Puskopkar “A” segera melihat langsung di areal relokasi sudah ada patok-patok sesuai urutan dan segera membangun rumah impiannya di tempat yang sudah disediakan.

Puskopkar hanya melepaskan HGU untuk relokasi kavlingan akan tetapi
masyarakat yang mengurus sertifikat tanah tersebut, kami hanya
membantu menertibkan lahan tersebut dimana tanah relokasi seluas
seluas 304,5 M² x 131,5 M² = 40.041,75 M² yang terdiri dari 100
kavling, satu kavling seluas 11,5 x 28 m untuk satu Kepala Keluarga.
Selanjutnya Setum Puskopkar “A” BB meyampaikan karena tanah itu sudah diserahkan kepada warga maka dalam pengurusan sertifikat tersebut oleh warga bukan urusan Puskopkar lagi tentang pengurusan sertifikat, untuk administrasi sertifikat tanah warga harus berkordinasi kepada Kepala Desa Perekebunan Ramunia. Setum Puskopkar “A” BB berharap jangan gampang diasut-asut dari pihak luar untuk menjual tanah tersebut karena tanah yang ditempati adalah prospek yang strategis.Lokasi tanah kavlingan HGU Puskopkar terletak di Blok 18 Dusun Mawar Desa Perkebunan Ramunia.

Disamping itu, Ibu Raswen (65) salah seorang masyarakat Desa Perkebunan Ramunia mengucapkan terima kasih kepada Puskopkar “A” Bukit Barisan yang beritikat baik untuk pembayaran kompensasi HGU Kebun Ramunia sebesar Rp 10.000 permeternya.

Ibu Raswen merasa senang, bahwa yang mempunyai rumah yang berada di lahan HGU Puskopkar “A” Bukit Barisan akan diberikan tanah kavlingan di tempat relokasi yang berada di Blok 18 Dusun Mawar. Ibu Raswen berharap untuk pembebasan lahan HGU Puskopkar “A” Bukit Barisan relokasinya segera di persiapkan agar kami dapat membangun rumah sebagai penggantinya.

Kami bermohon kepada Puskopakar “A” Bukit Barisan,apabila lahan HGU Puskopkar “A” Bukit Barisan dikerjakan terlalu lama maka kami takutnya dana kompensasi yang sudah diterima, sudah terpakai untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

Wadan Satgas Puskopkar “A” Kolonel Inf Hendrawan mengatakan bahwa tanah yang sedang dikerjakan tersebut menggunakan alat berat adalah lokasi yang akan disiapkan sebagai relokasi rumah penggarap yang sekarang posisi tersebar menjadi terpusat yang lokasinya dipinggir tapi tanah tersebut masih lahan HGU Puskopkar ”A” Bukit Barisan, dimana nanti akan di tata setiap penggarap yang mempunyai rumah akan dipindahkan ke tempat relokasi yang disiapkan tersebut, setiap Kepala Keluarga (KK) akan menerima lahan pertapakan seluas sekitar 11,5 M x 28 M = 322 M², dimana penyiapan lahan pertapakan tersebut sebagai itikad baik Puskopkar “A” Bukit Barisan dalam menjalankan isi MoU antara Puskopkar “A” Bukit Barisan dengan perwakilan penggarap.

Para penggarap mendapatkan dana
kompensasi HGU Kebun Ramunia sebesar Rp 10.000 permeternya atas lahan yang ditempatinya serta membayar uang hasil tanaman serta bangunan yang didiirikan.

Tidak hanya itu saja, dari data yang dihimpun dimana jumlah keseluruhan ukuran tanah yang di relokasi seluas 304,5 M x 131,5 M =40.041,75 M². Dimana jumlah perkavling sebanyak 100 kavling yang terdata berada diatas lahan HGU Puskopkar “A” Bukit Barisan dan percayakan kepada kami dalam dekat ini tanah yang berada disini akan dibagikan sesuai data Puskopkar “A” Bukit Barisan. (ad)

News Feed