oleh

Puskesmas Citra Pelayanan Kesehatan Pemerintah Kota Medan

OKEBUNG|
Puskesmas pembantu sebagai Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Dinas
Kesehatan Kota Medan merupakan bagian dari pemerintah kota harus senantiasa melakukan koordinasi dan komunikasi yang intensif dengan Legislatif,organisasi profesi dan stakeholder lainnya, Puskesmas /Puskesmas Pembantu (Pustu) merupakan perpanjangan tangan pemerintah kota yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, di Puskesmas/Puskesmas Pembantu inilah citra pelayanan dan kinerja kesehatan pemerintah kota dinilai oleh masyarakat.

Hal ini dikatakan oleh Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin saat membuka Rapat Koordinasi Kepala Puskesmas /Puskesmas Pembantu jajaran Dinas Kesehatan se Kota Medan, Senin (09/03/2015) di Gedung Dharma Wanita Jalan Rotan Medan. Hadir PJs BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Yoseph Rizal, para peserta rakor terdiri dari Kepala Puskesmas/ Puskesmas Pembantu, dokter umum dan dokter gigi jajaran Dinas Kesehatan Kota Medan.

Dikatakannya, walaupun sering menggelar pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat namun masih banyak keluhan dimasyarakat tentang pelayanan kesehatan. ini harus menjadi perhatian pihak jajaran Dinas Kesehatan terutama Puskesmas /Puskesmas Pembantu,selain itu juga masih sering ditemuai masyarakat yang mengindap penyakit kronis yang tidak mendapat layanan kesehatan, seperti, Kaki Gajah, lumpuh layu, demam berdarah dan penyakit lainya juga obat yang kurang memadai, Kepala Puskesmas dan Kepala Puskesmas Pembantu harus turun kelapangan memberikan edukasi kepada masyarakat.

“ Saya minta Kepada Kepala Puskesmas dan Kepala Puskesmas Pembantu jangan hanay duduk-duduk saja dan jangan juga jalan-jalan saja turun kemasyarakat, berikan edukasi kepada masyarakat ajak masyarakat untuk menjaga kesehatan lingkungan mencegah itu lebih baik dari mengobati, dan dokter di Puskesmas/Puskesmas Pembantu membuat program kerja yang jelas dan hasilnya didata “ ujar Eldin.

Selain itu, berdasarakan data yang dihimpun wartawan, Rabu (11/03/2015) sekitar pukul 16.00 WIB, dimana Eldin
meminta kepada Puskesmas /Puskesmas Pembantu agar betul-betul menjalankan fungsi dan tanggung jawabnya didalam memberikan pelayanan kesehatan,
berikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, selain itu juga Dinas Kesehatan agar bisa berkoordinasi dengan Rumah Sakit yang ada serta cepat dan tanggap agar tidak ditemuai lagi penyakit kronis tersebut di masyarakat seperti yang sering di temui selama ini.

“ Saya berharap dari hasil rapat ini para dokter di Puskesmas/Puskesmas Pembantu dapat bertanggung jawab terhadap fungsi dan tugasnya, tidak hanya menunggu di kantor tetapi jemput bola datangi masyarakat melihat kondisi yang ada dan memberikan edukasi serta pencerahan tentang kesehatan, “ harap Eldin.

Rapat koordinasi ini dilakukan dalam menyikapi jaminan kesehatan secara nasional, kedepan pemerintah kota akan mencoba menjamin pembiayaan kesehatan secara universal capurete, dimulai dengan BPJS kesehatan, Pemerintah Kota medan telah mengucurkan dana sebesar 71 M untuk program jaminan kesehatan kepada orang tidak mampu dan infra struktrur yang akan dipersiapkan yang berintegrasi ke BPJS kesehatan maupun Ketenagakerjaan.

“ Jadi hari ini kita menggedlar rapat koordinasi antara Puskesmas induk dan Puskesmas Pembantu beserta para stakeholder dalam hal ini BPJS ketenagakerjaan, dalam rapat ini kita mencoba menjelaskan peran Puskesmas didalam menyikapi dan meningkatkan derajat kesaehatan secara optimal mencegah orang sakit dengan peran mencegah lebih baik dari pada mengobatil di jalankan di Puskesmas,” ujar Polita

Menururnya pelayanan kesehatan di Kota Medan mulai dengan sistem bagai mana mencoba semua masyarakat mengenal dulu pelayanan di tingkat Puskesmas dengan yang sudah gratis tidak saja untuk orang
miskin tetapi tetapi seluruh penduduk Kota Medan gratis, untuk itu
gunakan pelayanan di Puskesmas untukl menyikapi lebih mudah nantinya ketika dtang berobat ke Rumah Sakit rujukan, karena Puskesmaslah yang mengetahui apan si pasein sakit dan kapan harus dirujuk ke rumah sakit atau memang bisa diberikan pelayanan di tingkat Puskesmas. (ad)

News Feed