oleh

Puncak Peringatan HUT ke-76 TNI 2021 di AAU

OKEBUNG | Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI) 5 Oktober 2021 dilaksanakan di Istana Negara Jakarta dipimpin langsung Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, disaksikan dan diikuti oleh satuan jajaran TNI secara virtual melalui video converence di seluruh wilayah nusantara.

Untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), puncak peringatan serupa dilaksanakan di tribun lapangan Dirgantara Ksatrian Akademi Angkatan Udara (AAU), Yogyakarta, Selasa (5/10/2021).

Presiden RI Joko Widodo dalam amanatnya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI, prajurit TNI tidak hanya sekadar menjadi penjaga utama kedaulatan negara dan keutuhan wilayah NKRI, namun juga melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

TNI juga bisa diandalkan dalam membantu masyarakat menghadapi tantangan lain, dari bencana alam sampai pandemi Covid-19. Keberhasilan bangsa Indonesia dalam penanganan pandemi covid-19 tak terlepas dari peran besar TNI.

Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa TNI selalu menunjukkan profesionalisme dalam setiap penugasan, kemampuan perorangan maupun kemampuan satuan.

Presiden RI Joko Widodo juga berkesempatan melakukan video conference dengan para prajurit TNI di 5 tempat tugas berbeda, yakni Satgas TNI Kontingen Garuda untuk menjalankan tugas menjaga perdamaian PBB di Lebanon, Satgas pulau terluar di pulau Rote, Satgas operasi siaga tempur di Utara pulau Natuna, Satgas perbatasan RI-Malaysia di Entikong, dan Satgas Rumah Sakit Lapangan Indrapura Surabaya.

“Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang. menjadi tema peringatan HUT ke-76 TNI kali ini, dimana di hari jadinya TNI bertekad dan terus berupaya meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, berjuang menghadapi situasi pandemi Covid-19 bersama seluruh elemen bangsa.

Puncak peringatan HUT ke-76 TNI di wiliyah Yogyakarta dihadiri Wakil Gubernur DIY KGPAA Sri Paduka Paku Alam X didampingi Ketua DPRD DIY Nuryadi, S.Pd, Gubernur AAU Marsda TNI Nanang Santoso, Kapolda DIY Irjen Pol Drs.Asep Suhendar, Danrem 072/Pmk Brigjen TNI Afianto, beserta para pejabat Forkopimda Provinsi DIY lainnya.

Usai rangkaian upacara peringatan dilanjutkan dengan acara tambahan berupa Tarian Nusantara yang diperagakan oleh Wara dan PNS AAU, Kolone Senapan Karbol AAU dengan menampilkan kepiawaian berbagai variasi gerakan bersenjata, serta diakhiri dengan atraksi Unit Drumband Gita Dirgantara AAU. (penaau/muis)

Berita Lainnya