oleh

PT Elnusa Eksplorasi Minyak dengan Ngebom,Warga Terganggu

OKEBUNG|
Sejak dua pekan ini PT Elnusa melakukan proyek sesmic eksplorasi minyak dengan cara melakukan pengeboman di sejumlah titik dekat dengan rumah warga yang berada di Desa Medan Krio ,Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang ,Provinsi Sumatera Utara.

Akibatnya,warga setempat pun resah dan meminta kepada pihak Pemkab Deliserdang untuk menghentikan proyek tersebut.

Ironisnya,meskipun sebelumnya Muspika setempat langsung mengadakan sosialisasi terhadap warga setempat.Namun,warga tetap menolak dengan proyek eksplorasi tersebut.

Pasalnya,proyek tersebut mengganggu ketenteraman warga dan merusak habitat lingkungan.

“Saat sosialisasi proyek tersebut dihadiri Kepala Desa Medan Krio,Aidil MawarNasution, Kepala Dusun VIII,Budi Sembiring, Babinkamtibmas beserta perangkat desa setempat dan warga guna membicarakan penolakan warga atas proyek tersebut,”ungkap warga setempat,Manaken Sembiring.

Hasil pertemuan yang dilakukan tersebut tetap suara masyarakat
setempat yang diterima dan akan dibatalkannya proyek eksplorasi minyak di beberapa titik yang berada tidak jauh dari tempat pemukiman warga setempat.

“Mana hasil pertemuan itu,katanya mau dihentikan proyek tersebut .Namun lihatlah sampai sekarang masih berjalan.Padahal kami lebih pentingkan keluhan warga ketimbang proyek tersebut. Seharusnya pemilik proyek tersebut hadir dan cepat menghentikannya ,”ucap kadus.

Apa kata Kadus tersebut, kata Tukimin hanya semata untuk meredam emosi warga saja.Maka itu kami minta proyek tersebut ditutup.

“Tentu bang kita sangat menolak keras bahkan menentang keras dengan adanya proyek minyak itu.Apalagi pengeborannya dengan cara memasang Bom Sesmic yang ada dipasang ditengah-tengah sawah bahkan di beberapa titik kawasan lainnya,” katanya.

Paantauan,akibat adanya proyek sesmic eksplorasi minyak menggunakan bom itu membuat dinding rumah warga banyak yang retak-retak.Tak hanya itu saja,setiap malam warga terganggu dengan bunyi suara bom tersebut.[ad]

Foto|ist\

News Feed