oleh

PT Bank Mandiri Tbk Salurkan Bantuan di Sinabung dengan Uang Elektronik

OKEBUNG|
PT Bank Mandiri Tbk menjadi bank penyalur bantuan untuk masyarakat korban erupsi Gunung Sinabung di Kab Tanahkaro,Provinsi Sumatera Utara. Berbeda dari bantuan langsung lainnya, bank bUMN tersebut memanfaatkan uang elektronik untuk menyalurkan bantuan bagi ratusan kepala keluarga korban letusan Gunung Sinabung.

Corporate Secretary Bank Mandiri, Rohan Hafas, menuturkan bahwa masyarakat penerima bantuan dapat mencairkan bantuannya melalui kantor-kantor Bank Mandiri atau toko-toko ritel dan kantor pos.

“Bantuan akan dikirim ke masyarakat korban erupsi melalui rekening yang sama dengan nomor telepon seluler penerima,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu malam (30/10/2014).

Bank Mandiri cukup percaya diri menggunakan cara baru ini. Pasalnya, bank tersebut telah melakukan ujicoba penyaluran dana dengan cara serupa sebelumnya. Dalam ujicoba tersebut, perseroan juga menjadi bank penyalur bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

Bantuan disalurkan melalui uang elektronik dengan memanfaatkan agen Layanan Keuangan Digital (LKD) sebagai lembaga pembayar. Ujicoba dilakukan di kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara atas kerjasama dengan Bank Indonesia, Kementerian Sosial, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Keuangan, dan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Pada penyaluran dana bantuan PKH tersebut, penerima akan langsung mendapatkan dana bantuan yang ditransfer oleh bank ke masing-masing nomor handphone penerima. Skema penyaluran dana bantuan ini, menurut Rohan, merupakan salah satu upaya untuk mendukung program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dicanangkan Bank Indonesia.(net)
Foto:gunung sinabung erupsi\

News Feed