oleh

Program TMMD Depok,  TNI Perbaiki Jalan di Kalibaru Cilodong 

OKEBUNG|
Dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 2015, TNI memperbaiki jalan lingkungan di wilayah RT 05 RW  01 Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong, Depok, belum lama ini. 

Dandim 0508/Depok, Letkol Infanteri Santosa, mengatakan program TMMD ke-94 tahun 2015 memiliki sasaran perbaikan 13 rumah tidak layak huni dan pengerasan jalan lingkungan sepanjang 300 meter. Selain pekerjaan fisik, ada juga nonfisik berupa penyuluhan masalah kesehatan, narkoba, bela negara, dan wawasan kebangsaan.

“Pelaksanaan TMMD selama 21 hari. Tujuannya membantu pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan dalam upaya menyejahterakan masyarakat,” jelas Santosa. 

Dengan perbaikan jalan tersebut, warga setempat mengaku senang dan bersyukur karena jalan lingkungan diwilayahnya diperbaiki TNI dalam program TMMD tahun 2015. “Kami senang sekali jalan ini diperbaiki. Jalan ini sangat dibutuhkan warga sebagai jalan alternatif,” ujar Andreas, warga setempat, saat membantu perbaikan jalan bersama anggota TNI.

Menurut Andreas, jalan lingkungan dengan lebar 2,5 meter dan panjang 300 meter itu awalnya merupakan jalan tanah dan berbatu sehingga saat musim hujan jalan licin dan cukup membahayakan. 

Walaupun sempit, jalan itu sangat dibutuhkan warga untuk menuju Jalan Palautan dan Jalan Abdul Gani (Setu).“Meskipun jalan tanah, tapi ini jalan hidup dan dibutuhkan warga. Hanya jalan ini saja yang belum dicor, yang lain sudah semua,” ungkapnya.

Ketua RW 01, Kelurahan Kalibaru, Sanam Efendi, mengaku tidak menyangka dan sedikit terkejut kalau jalan ini diperbaiki TNI. 

“Memang waktu itu Babinsa Koramil Sukmajaya menawarkan ke saya kalau jalan ini akan diperbaiki. Ternyata benar-benar diperbaiki,” ungkap Sanam. 

Meski demikian, Sanam juga meminta maaf kepada anggota TNI yang begitu peduli dengan lingkungannya, sementara warganya tidak banyak yang membantu. “Hanya ada beberapa warga yang membantu, sedangkan warga lainnya sibuk bekerja,” tandas Sanam.[ryan]

News Feed