oleh

Presiden Jokowi Sebut Kebakaran Lahan Gambut Disengaja

OKEBUNG|
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa lahan gambut yang terbakar di beberapa daerah khususnya Jambi disebabkan faktor kesengajaan.

“Ya sudah jelas, terbakarnya banyak, ya dibakar,”sebut PresidenJokowi saat kunjungan kerjanya ke Jambi terkait dengan penanganan kabut asap di daerah itu pada Jumat (30/10/2015)

Presiden Jokowi mengatakan berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di beberapa provinsi,dengan mengerahkan 11.000 anggota TNI dan Polri baik pemadaman lewat darat dan udara.

“Kita kerahkan TNI 11.000, Polri juga sama, jadi TNI-Polri 22.000 ini pemadaman yang di darat. Yang dari atas ada waterbombing. Kita juga sudah dibantu dari beberapa negara,” ujar Presiden Jokowi.

Menurut Presiden, upaya pemadaman itu tidak semudah yang dibayangkan, apalagi kebakaran terjadi di lahan gambut yang kedalamannya mencapai 5 meter.

“Yang terbakar banyak gambut, tidak semudah yang kita bayangkan, karena apa, karena luasnya yang jutaan, semuanya 1,7 (juta hektare). Ini bukan kebakaran hutan, tapi lahan gambut yang sampai lima meter (dalamnya),” katanya,sebagaimana dikutip dari kabar24.com.

Presiden Jokowi lebih menekankan kepada pembuatan hujan buatan. “Sebelumnya memang tidak ada awan, itu ditabur garam berapa pun sulit. Tetapi kini awannya sudah mulai banyak, sehingga terus ditabur. Tidak hanya pesawat Cassa tapi yang Hercules juga di kerahkan untuk menabur garam di atas,” katanya.[kb24] [ant] [red]

Foto|dok.okb

News Feed