oleh

Prabowo-Hatta Menang Telak di Aceh

BANDA ACEH-OKB|
Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres dan cawapres) nomor urut 1,Prabowo Subianto-Hatta Rajasa akhirnya berhasil memperoleh suara sebanyak 54 persen dalam Pemilihan Presiden di Aceh. Sementara pasangan nomor urut dua Jokowi-Jusuf Kalla hanya memperoleh 46 persen suara.

Hasil ini diketahui setelah Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menggelar rekapitulasi suara untuk tingkat provinsi di Asrama Embarkasi Haji Banda Aceh. Dalam perhitungan tersebut, pasangan Prabowo-Hatta memperoleh 1.089.299 suara.

Pasangan nomor urut satu ini menang di 16 kabupaten/kota di Aceh yaitu Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Bireun, Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Timur, Langsa, Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, Subulussalam, Aceh Singkil, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Aceh Barat dan Aceh Jaya.

Sementara pasangan Jokowi-JK memperoleh 913.309 suara di tujuh kabupaten yakni, Pidie, Pidie Jaya, Bener Meriah, Aceh Tengah, Gayo Lues, Simeulue dan Nagan Raya.

“Dengan hasil rekapitulasi ini, kami nyatakan sah,” kata Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi, saat menutup rapat pleno, Jumat (18/07/2014).

Menurut Ridwan, dalam Pilpres kali ini sebanyak 58.485 suara dinyatakan rusak. “Pemilu kali ini berjalan aman dan lancar,” ungkapnya.(dtc)
Foto:bisnis Aaceh.com/net/

News Feed