oleh

Polresta Medan Tangkap Otak Pelaku Perampokan Uang PT SSI di Riau

OKEBUNG|
Upaya kerja keras tim gabungan Polresta Medan untuk meringkus para pelaku perampokan uang Rp 5 miliar lebih milik PT SSI mulai membuahkan hasil.Pasalnya,satu persatu pelakunya mulai tertangkap.Dan saat ini pihak polisi telah mengamankan otak pelakunya di Pelabuhan Dumai,Kabupaten Rokan Hilir,Provinsi Riau,Sabtu(06/09/2014).

Kasat Reskrim Polresta Medan Kompol Wahyu Bram Istanto menjelaskan,sudah 12 orang kita tangkap dan terakhir otak pelakunya berinisial A ditangkap di Pelabuhan Dumai.”Otak pelaku,kita tangkap di Dumai,”ujar Kompol Wahyu Bram.

Dijelaskannya bahwa A ditangkap saat hendak berangkat ke Batam.Sebelum ke Dumai,otak pelaku tersebut bersembunyi di Madina,Kab Tapsel, Kota Pinang,Kab Labusel,dan selanjutnya menuju Dumai,”

“A kita tangkap berdasarkan hasil penyelidikan tim gabungan.Begitu posisinya mulai terendus hendak berangkat ke Provinsi Riau,lantas tim melakukan pengejaran.Namun,pihaknya terlebih dahulu izin kepada Kapolsek Bagan Sinembah, Kompol Taufik Hidayat Thayeb dan agar melakukan pencegatan terhadap A di perbatasan Riau,”urainya.

Masih disebutkannya,tim yakin A akan menuju Pelabuhan Dumai,karena dikhawatirkan gagal mencegat A, lantas A bakal merubah rute pelarian, tim pun meminta dihubungkan dengan pihak Pelabuhan Dumai untuk menunda keberangkatan Kapal Feri menuju Batam.

“Alhasil, akhirnya kita berhasil.pelaku A tiba di Pelabuhan Dumai,ketika naik kapal Feri tujuan Batam langsung kita ringkus,”ujar Kompol Wahyu Bram.

Ditambahkannya,barang bukti yang kita sita hasil kejahatan sebesar Rp 500 juta dari A.Saat mengamankan Arda Agung (otak pelaku )perampokan mobil Daihatsu Luxio berisi uang Rp 5 Miliar milik PT SSI, ternyata awalnya hanya berhasil mengamankan uang sebesar Rp 16 juta.

“Dari pengakuan Arda,ketika dirinya melarikan dirinya hanya membawa uang sebesar Rp 50 juta dan selebihnya disimpan di kawasan Medan. Selanjutnya pelaku kita bawa ke Polresta Medan dan diinterogasi akhirnya mengaku dimana penyimpanan uang hasil kejahatannya. Begitu pelaku memberitahu di mana dirinya menyimpan uang, tim kita langsung menyisir lokasi dan mendapati uang sebesar Rp.524.750.000,” ungkap Kompol Wahyu.

Selain itu,sebutnya,sebelumnya pihaknya juga telah menyita barang bukti berupa,1 unit mobil Luxio pembawa uang ATM, kunci duplikat, 1 buah TV Led 32 inchi, 42 kaset ATM, 1 buah bacaan jimat, emas senilai Rp 150 Juta.

“Sebelumnya juga kita sudah mengamankan beberapa barang bukti lainnya,”pungkas Kompol Wahyu(jek)

Foto:Ilustrasi/

News Feed