oleh

Polresta Medan Amankan 545 Preman dan Miras

OKEBUNG|
Operasi pemberantasan preman, Polresta Medan berhasil menjaring 545 preman yang berkedok sebagai juruparkir (jukir) liar dan ratusan botol minuman keras (miras)berbagai merek, Kamis (22/01/2015).

Kepada wartawan,Kapolresta Medan,Kombes Pol Nico Afinta didampingi Kasat Pol PP M.Sofyan dan Kabag Perparkiran Dishub Medan, H.Ridho Siregar mengatakan bahwa dalam razia premanisme yang digelar pihaknya berhasil mengamankan ratusan preman yang selama ini meresahkan masyarakat.

“Dari jumlah tersebut,sebanyak 13 orang di antaranya akan diproses pidana dansisanya akan dibina,” ujar Kombes Pol Nico Afinta.

Tindakan yang dilakukan ini,kata Kapolresta Medan, merupakan tindaklanjut keluhan masyarakat yang kerap menjadi korban pengutipan suang oleh para jukir liar selama ini yang beroperasi tanpa izin.

“Diamankannya para preman ini menindaklanjuti keluhan masyarakat,”jelas Nico.

Masih dikatakan Kapolresta Medan,laporan masyarakat itu kita tindaklanjut dan kami langsung berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Medan dan Satpol PP.

“Setelah berkoordinasi selanjutnya kami lakukan penertiban dan mengamankan jukir liar ini,”tambah Nico.

Dengan diamankannya para jukir liar ini,lanjut Nico,diharap bisa menumbuhkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat terutama pemilik kendaraan.

Kapolresta Medan menghimbau agar para jukir liar melengkapi atribut resmi, seperti tanda pengenal, pakaian, pluit dan berpenampilan rapi serta bertutur kata sopan. Paling penting, jangan meminta uang melebihi ketentuan. Karena bisa dikenakan tindak pidana.

“Jika jukir resmi, maka akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Medan. Sebab selama ini diduga banyak kutipan parkir yang masuk ke kantong-kantong pribadi oknum tak bertanggung jawab,” cetusnya.

Selain mengamankan ratusan preman,Polresta Medan dan jajaran juga melakukan penyitaan 1800 botol minuman keras (miras) dari sejumlah pedagang.

“Miras tersebut diamankan karena sebagian besar tindak pidana dimulai dari meminum minuman keras dan pihaknya juga akan mengenakan tindakan kepada para pengedar miras yang tidak memiliki izin,”tegasnya.

Hal senada juga disebutkan,H.Ridho Siregar bahwa pihaknya akan menertibkan jukir-jukir liar yang tidak mengenakan atribut dan tidak memiliki izin.

“Kami segera menertibkan semua jukir liar yang melakukan pungli,”tegasnya.(admin)

News Feed