oleh

Polresta Medan Ada Baiknya Dijadikan Polrestabes dan Ditambah Lagi Polsek

Catatan :Ryan Sinaga

Medan sebagai kota besar ketiga setelah Jakarta dan Surabaya memiliki warga yang hetrogen tentu penduduknya sangat mendambakan agar Medan menjadi metropolitan dan kondusif.Kita tentu mengetahui sekarang ini bangunan pencakar langit tinggi menjulang mulai berjamur dimana-mana dibangun oleh pihak property.Disatu sisi tentu sangat baik dengan pembangunan tersebut,karena bisa menambah pendapatan asli daerah (PAD)setempat.

Namun pemerintah setempat harus juga memikirkan bagaimana tingkat kejahatan di Medan yang saat ini semakin meningkat tajam.Kita harap,janganlah pemerintah setempat memikirkan pembangunan saja,namun keselamatan dan keamanan juga perlu diperhatikan dengan serius agar penduduk bisa nyaman dan para investor asing bisa menanamkan modalnya ke kota Medan.

polsekkota_edit1

Jika kota Medan kondusif tentu para pengangguran bisa bekerja dengan munculnya para investor membangun bisnisnya di Medan.

IMG00818-20141019-1524_edit1

Hari berganti harii,minggu berganti bulan dan bulan berganti tahun sepertinya tingkat kejahatan jalanan semakin meningkat tajam terus.Kendati para pelaku kejahatan pencurian sepeda motor,perampokan jalanan,para pelaku aksi penjambretan dan kejahatan penipuan dengan beragam modus banyak yang sudah ditangkap hingga lembaga pemasyarakatan (lapas)dan rumah tahanan negara (rutan) dipenuhi para pelaku kejahatan,namun aksi kejahatan masih terus berlangsung dan aksinya semakin mengganas saja.

Medantimur_edit

Kita warga Medan tentu selama ini mengetahui upaya pihak Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) dan Kepolisian Resort Kota Medan (Polresta) berupaya terus untuk menekan tingkat kriminalitas di Medan -Sumut agar Medan bisa kondusif dan nyaman.

Delta sabu4

Buktinya,sudah kita lihat pemberitaan di media massa,media online dan media elektronik seperti tv,radio setiap hari tentang keberhasilan pihak Polresta Medan dan jajarannya meringkus para pelaku kejahatan.Namun,hal itu tidak membuat takut dan gentar para pelaku aksi kejahatan lainnya untuk mundur melakukan aksinya.

IMG00764-20140930-1641

Bukti aksi kejahatan sudah banyak,nyaris setiap jam jika dimonitor setiap jajaran Polsek dan Polres yang ada di bawah naungan Polda Sumut ada warga yang melapor karena menjadi korban aksi para pelaku kejahatan.

area_edit

Untuk mengantisipasi aksi pelaku kejahatan tersebut,pihak Polda Sumut dan pemerintah setempat harus bekerja sama bagaimana mengantisipasi kejahatan agar tidak bisa terjadii.Contohnya seperti ronda malam diaktifkan kembali disetiap 21 Kecamatan dan 151 Kelurahan yang ada dibawah naungan Pemko Medan,setiap lingkungan di Medan memiliki kepling sebagai ujung tombak pemerintahan setempat yang mendukung tugas Pemko Medan dapat membuat portal-portal diwilayah lingkungannya.

IMG07113-20141015-1315_edit

Itu hanya sebagian contoh kecil untuk menekan tingkat kriminalitas di lingkungan kecamatan yang ada. Namun guna menciptakan Medan agar lebih kondusif lagi.Ada baiknya pemerintah setempat melalui unsur Muspida untuk mengajukan ke pemerintah pusat melalui bapak-bapak wakil rakyat yang duduk dikursi legislatif untuk meningkatkan Polresta Medan Polrestabes dan menambah lagi beberapa Polsek disetiap kecamatan yang ada di Medan agar petugas polisi dapat mengantisipasi kejahatan yang ada.Paling tidak para pelaku enggan melakukan aksinya.

paparanpercut_edit
*Polsek -Polsek di Medan *
1. Polsek Medan Baru meliputi tugas di Kec Medan Petisah,Medan Polonia,Medan Baru

Peta Lokasi Rawan Kejahatan Menurut Penulis
-Jalan Sudirman, Juanda,Monginsidi,Gajah Mada,Iskandar Muda,Jalan S Parman Medan dan Jalan Patimura.

IMG00667-20140904-1822
2.Polsek Medan Kota meliputi tugas di Kec Medan Kota,Medan Maimun dan Medan Area (Sebagian)

toko emas karooo

Peta Lokasi Rawan Kejahatan Menurut Penulis
-.Jalan SM Raja Medan,Jalan Brigjen Katamso,Jalan Teladan.

sabu patumbak

3.Polsek Medan Barat meliputi tugas di Kec Medan Barat
Peta Rawan Kejahatan Menurut Penulis
A.Wilayah Jembatan Layang Brayan,Jalan Balai Kota,Jalan Putri Hijau simpang Glugur

muamalat

4.Polsek Medan Timur meliputi tugas Wil Kec Medan Timur,Medan Perjuangan
Peta Lokasi Rawan Kejahatan
-Jalan Krakatau,Jalan MT Haryono (Sambu),Jalan HM Yamin.

5.Polsek Medan Area meliputi tugas di Kec Medan Area,Medan Denai

-Peta Lokasi Rawan Kejahatan Jalan Denai,Jalan Sukaramai,Jalan Wahidin,Jalan Asia dan Jalan Thamrin.

muamalat1
6.Polsek Medan Helvetia meliputi Kec Medan Helvetia
-Peta Rawan Kejahatan Jalan Gaperta,Jalan Kapten Muslim,Jalan Binjai (depan Komplek Tomang Elok) Jalan Helvetia By Pass /Asrama dan Jalan Kapt Sumarsono.

7.Polsek Percut Seituan meliputi tugas di Kec Medan Tembung,Percut
Peta Lokasi Rawan Kejahatan di kawasan seputaran Jalan Wiliem Iskandar (pancing),Kawasan Percut,Jalan Cemara,Kawasan Mandala.

8.Polsek Sunggal meliputi tugas di Kec Sunggal dan Medan Selayang

-Peta Lokasi Rawan Kejahatan Jalan Binjai mulai dari Tomang Elok sampai perbatasan Medan-Binjai,Jalan Gagak Hitam (Ringroad),Jalan Besar Sunggal,Jalan Amal,Kawasan Medan Krio Mencirim serta sepanjang Jalan Setia Budi Medan.

9.Polsek Patumbak meliputi Kec Patumbak,Amplas
-Peta Lokasi Rawan Kejahatan di Kawasan Jalan Menteng,Jalan Pertahanan Patumbak Kampung,Jalan Marendal dan Tritura.

10.Polsek Delitua meliputi tugas di Kec Delitua,Medan Johor dan sebagian Medan Selayang
-Peta Rawan Kejahatan di Jalan Pintu Air,Asrama Haji,Simallingkar B dan Jalan Ngumban Surbakti,Simpang Pemda.

11.Polsek Pancur meliputi tugas di Medan Tuntungan

-Peta Lokasi Rawan Kejahatan di kawasan Jamin Ginting mulai Simpang Tuntungan

13.Polsek Kutalimbaru

Jika kita amati benar-benar tentu dengan adanya Polsek dengan wilayah tugas sampai tiga kecamatan hal itu tidaklah wajar.Karena dibandingkan dengan jumlah personil yang ditempatkan di Polsek dengan tingkat kejahatan yang ada sepertinya pemerintah setempat harus menambah beberapa Polsek lagi guna mengantisipasi kejahatan yang ada selama ini.
Seperti Polsek Sunggal,Polsek Percut,Polsek Delitua dan Polsek Delitua serta Polsek Medan Baru wilayah kerjanya cukup luas tentu tidak bisa diback-up dengan minimnya jumlah personil yang ada.Dikawasan Polsek tersebut sepertinya harus ditambah lagi Polsek.Seperti di wilayah hukum Polsek Percut tersebut harus dibuat Polsek Bantuan di kawasan Tembung yang padat penduduknya.Dan di Polsek Medan Baru harus dibuat juga Polsek Bantuan di wilayah Medan Polonia dan kawasan Jalan Jamin Ginting mulai dari simpang empat padang bulan.
Sementara di Polsek Sunggal wilayah kerja kawasan Sei Mencirim dan perbatasan dibangun satu Polsek Bantuan juga.Di kawasan tugas Polsek Medan Area harus dibuat Polsek Bantuan di kawasan Medan Denai dan kawasan Polsek Delta harus dibuat Polsek Bantuan untuk meliputi kerja dikawasan Jalan Simpang Pemda dan Jamin Ginting mulai dari jembatan layang hingga simpang selayang.

Maka dengan ini penulis berharap disaat pemerintahan Jokowi -JK sekarang ini dapat membantu Pemerintah Sumut,khususnya Medan untuk merealisasikan mengenai penambahan Polsek dan meningkatkan Polresta menjadi Polrestabes Medan guna mencegah aksi kejahatan yang selama ini cukup meresahkan warga Medan.(admin)

Foto:okebung.com\dok/

News Feed