oleh

Polres Simalungun Ringkus 3 Tersangka Sindikat Pembuat Uang Palsu‬

OKEBUNG |
Petugas Sat Reskrim Polres Simalungun berhasil mengamankan tiga tersangka sindikat pembuat uang palsu yang akan disebarkan di Kabupaten Simalungun dan Provinsi Aceh.

Ketiga tersangka yang diringkus yakni,Burhanudin Harahap, Edi Pranata Sitorus dan Bueng. Ketiganya diamankan di kediaman  tersangka Burhanuddin di Nagori Tanjung Hataran, Kec Bandar Huluan, Kab Simalungun,Prov Sumatera Utara (Sumut) saat mencetak uang palsu.

Dari para tersangka,barang bukti yang disita polisi berupa puluhan lembar uang palsu pecahan Rp50 ribu, printer, kertas dan tinta untuk mencetak uang palsu.

Kapolres Simalungun AKBP Andi Syahriful Taufik, Senin (08/12/2014) malam mengatakan, terbongkarnya sindikat pembuatan uang palsu ini bermula dari adanya laporan masyarakat.

Mendapat laporan itu, pihaknya lalu melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan para tersangka. 

“Saat diamankan para tersangka sedang mencetak uang palsu pecahan Rp50 ribu dengan menggunakan printer,” ungkapnya.

Dari pengakuannya, para tersangka ini membuat uang palsu karena terinspirasi dengan  stiker berhologram yang terdapat di printer. Setelah mencoba, ternyata hasilnya mirip.

“Dari pengakuannya tersangka baru tiga kali melakukan aksinya. Sebelumnya mereka telah mencetak uang palsu pecahan Rp50 ribu sebanyak 40 lembar,” katanya.

Setelah uang palsu itu dicetak, selanjutnya para tersangka memberikannya kepada  MS (buron) dan RD (buron) untuk disebarkan ke daerah Simalungun dan Aceh. 

“Setelah uang palsu itu disebarkan, tersangka akan mendapatkan imbalan,” imbuhnya.

Dijelaskannya, saat ini pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap MS dan RD yang merupakan penyebar uang palsu tersebut. 

“Masih kita lakukan pengejaran,” ungkapnya. (BS)

Foto :ilustrasi upal/net/
 

News Feed