oleh

Polres Langkat Gagalkan Penyelundupan 55 Ekor Landak ke China

LANGKAT -OKB|
Unit Reskrim Polres Langkat menggagalkan penyeludupan 55 ekor hewan landak yang akan dikirim China oleh ketiga tersangka, Jumat (22/08/2014) sore.

Ketiga tersangka yang berhasil diamankan petugas yakni,Adianto (39) warga Aceh Timur, Sumadi (49) Kabupaten Langsa, Ponidi (56) Langsa. Selanjutnya, ketiga tersangka berikut barang bukti 55 ekor landak dan truk BK 8672 CE diboyong ke Polres Langkat guna pemeriksaan lebih lanjut.

Kasat Reskrim Polres Langkat, AKP Yasir Ahmadi SH saat dikonfirmasi mengatakan, digagalkannya penyelundupan 55 ekor hewan landak itu bermula dari adanya laporan masyarakat.

Mendapat informasi itu, pihaknya lalu melakukan penyidikan dan berhasil mengamankan tersangka berikut 1 unit truk yang berisi 55 ekor landak yang akan diselundupkan.

“Mereka kita amankan saat melintas di Jalan Lintas Sumatera Medan-Aceh, Kilometer 35, Stabat, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat dengan menggunakan truk BK 8672 CE,” katanya.

Dari hasil pemeriksaan, ketiga tersangka mendapat Landak itu dari seorang warga Medan.

“Mereka mengaku mendapatkan barang dari Medan akan akan dijual ke China,” jelasnya.

Dikatakannya, saat ini pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap pemilik landak tersebut.

“Untuk ketiga tersangka akan dikenakan pasal 21 UU No 90 tentang konservasi sumber daya alam dan ekosistem dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara dan denda 100 juta,” tandasnya.(ar/fkm)

Foto:Ilustrasi/

News Feed