oleh

Poldasu Belum Bersedia Beberkan Tangkapan Ratusan Ekor Unggas Dilindungi

OKEBUNG
Petugas Subdit IV/Tipiter Ditreskrimsus Poldasu, menggerebek lahan yang diduga digunakan sebagai tempat pengumpulan satwa jenis unggas dilindungi di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Satria, Kecamatan Padang Hilir, Kota TebingTinggi, Selasa (19/05/2015)lalu. Dari lokasi, tim petugas menyita ratusan ekor burung yang dilindungi sesuai PP RI No 07 Tahun 1999.

Informasi diperoleh, ratusan satwa jenis unggas yang dilindungi tersebut terdiri atas, burung Cendrawasih ekor kuning, burung Bayan atau Nuri, burung Kakak Tua kecil jambul jingga, Mambruk, burung Jalak Bali dan Family Rangkong.

Selain itu, burung Beo Nias, burung Nuri merah kepala hitam, Rangkong Badak, Kakak Tua Seram, Kakak Tua Raja dan Julang Mas.

Diketahui, satwa unggas dilindungi itu diimport dari Negara Afrika dan Macau. Dari lokasi yang digerebek berdasarkan informasi masyarakat itu, petugas menemukan puluhan kandang burung di dalamnya.

Disebut-sebut, lahan tersebut merupakan milik UD Kartika yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol Tebing Tinggi dengan pengusaha Waris. Namun, berdasarkan penyelidikan, pemilik lahan dan pengelola lahan UD Kartika diketahui bernama Oman Hardi alias Awie.

Dan saat ini lahan tersebut telah  di pasang garis polisi, selain itu petugas juga mengamankan sejumlah saksi dari lokasi untuk dimintai keterangan.

Sementara, Kasubdit IV/ Tipikor Ditreskrimsus, Kompol Robin Simatupang yang dikonfirmasi enggan berkomentar, dengan mengarahkan ke Humas Poldasu.

Kabid Humas Kombes Pol Helfi Assegaf, ketika di konfirmasi wartawan membenarkan perihal penangkapan itu. Disebutkannya
, saat ini pihak kepolisian masih melakukan pengembangan di lokasi.

“Benar, memang ada penangkapan burung yang dilindungi. Tapi masih dilakukan pengembangan di lokasi. Data belum bisa diberikan secara rinci, nanti kalau sudah selesai dilidik akan segera diekspos,” jelasnya, Rabu (20/5) siang.

Sementara, terkait penggerebekan tersebut, Helfi belum menyebutkan berapa orang tersangka saat ditanyakan kepadanya.

“Belum ada tersangkanya, masih saksi saja yang diperiksa,” tukasnya tanpa merinci jumlah saksi yang diperiksa.(EL/Admin)

Foto\dari okebung.com \net

News Feed