oleh

Polda Sumut Amankan 2 Orang Perambah Alih Fungsi Hutan Produksi di Langkat

OKEBUNG |
Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Dit Reskrimsus Polda Sumut) menemukan aktifitas pembukaan areal perkebunan di Dusun Paluh Cingam Desa Pasar Rawa Kecamatan Gebang Kabupaten Langkat ,Provinsi Sumatera Utara, Senin (30/03/2015) yang tidak memiliki izin.

Lahan seluas 100 hektar yang rencananya akan dijadikan perkebunan sawit tersebut, merupakan lahan hutan produksi.

Menanggapi temuan tersebut,Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Helfi Assegaf mengaku, pihaknya sudah menghentikan aktifitas tersebut. Bahkan, 2 orang dari lokasi itu yakni Erwinsyah (31) selaku mandor kebun dan Gusman Resbo (54) selaku pekerja kebun,telah diamankan pihaknya.

Namun,kata Helfi,kalau kedua tersangka masih berstatus saksi karena keterangan kedua tersangka, kebun itu milik seorang pemilik shoowroom sepeda motor di Langkat, berinisial A alias H.

“Selain mengamankan dua orang tersebut pihaknya juga telah mengamankan 3 unit eskavator dan 1 unit sampan, turut kita amankan dari lokasi itu,”ungkap Helfi.

Lebih lanjut,Helfi mengaku kalau dari 100 hektar lahan yang ada di lokasi itu, 5 hektar sudah ditanami sawit. Untuk itu,disebut Helfi kalau pihaknya akan berkoordinasi dengan Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah I Medan guna memastikan status kawasan tersebut.

“Para tersangka yang diduga melakukan tindak pidana kehutanan dan tindak pidana lingkungan hidup. Kasus ini akan terus didalami,”tandas Helfi.[el\admin]

Foto|kombes Pol helfi\dok.

News Feed