oleh

Polda Sumut Gelar Operasi Kancil 2016

OKEBUNG|
Guna melakukan penindakan terhadap kejahatan pencurian dan penadahan kendaraan bermotor, Polda Sumut beserta jajarannya mulai menggelar Operasi Kancil.Ops Kancil ini digelar selama 15 hari dimulai 27 Januari hingga 10 Februari 2016.

“Ops Kancil ini gelar dengan mengedepankan kegiatan penegakan hukum serta fungsi intelijen yang didukung fungsi pencegahan lainnya di wilayah Sumatera Utara,” kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Helfi Assegaf,Selasa (02/02/2016).

Helfi menjelaskan, adapun tujuan operasi itu guna menindak tegas para pelaku kejahatan terhadap pencurian dan penadahan kendaraan bermotor di Sumut.
“Tujuan operasi agar menimbulkan efek jera bagi para pelaku terhadap pencurian dan penadahan kendaraan bermotor. Selain itu guna menekan jumlah tindak pidana pencurian dan penadahan,” ucapnya.

Sementara Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, menyebutkan beberapa lokasi yang menjadi target operasi itu merupakan kegiatan kejahatan jalanan yang dilakukan individu atau kelompok dan lokasi tempat penadahan atau penampungan hasil curian.

Untuk itu, Nainggolan mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan tingkatkan kewaspadaan, baik di jalan mau pun di kawasan tertentu. Masyarakat mestu hati-hati memarkir kendaraan, dan hindari lokasi sepi khususnya pada malam hari. Selain itu masyarakat juga diimbau jangan mudah percaya dengan modus aparat yang melakukan penyetopan.
“Waspadai pelaku modus penyetopan dengan mengaku petugas Polri, modus memepet dan menyetop korban ngaku pura-pura mengatakan bahwa korban menabrak keluarga pelaku,” jelas Nainggolan.

Dalam Ops Kancil 2016 Polda Sumut dan jajaran akan mengerahkan 731 personel. Dengan rincian Polda Sumut menurunkan 50 personel, Satuan Wilayah Prioritas mengerahkan 156 personel, dan 525 personel disiapkan dari Satuan Wilayah Imbangan.
Seperti diketahui ada 6 wilayah prioritas. Di antaranya Polresta Medan, Polres Pelabuhan Belawan, Polres Labuhan Batu, Polres Asahan, Polres Sergai dan Polres Langkat.

Sementara untuk daerah imbangan ada 21 satuan wilayah. Di antaranya Polres Pematang Siantar, Polres Deliserdang, Polres Tebing Tinggi, Polres Simalungun, Polres Dairi, Polres Tanah Karo, Polres Binjai, Polres Tapanuli Utara, Polres Tapanuli Selatan, Polres Tapanuli Tengah, Polres Nias, Polres Pakpak Bharat, Polres Tobasa, Polres Humbahas, Polres Sibolga, Polres P. Sidempuan, Polres Madina, Polres Samosir, Polres Tanjung Balai, Polres Nias Selatan dan Polres Batubara.(FKM)

Foto : ilustrasi.

News Feed