oleh

Polda Metro Jaya Amankan 33 WNA Asal Tiongkok Terduga Penipu Online

OKEBUNG|
Petugas Subdit Umum Jatanras Dit Reskrim Umum Polda Metro Jaya,berhasil mengamankkan 33 warga negara asing (WNA) asal Tiongkok di Jalan Kenanga No. 44 RT 07 RW 02, Cilandak Timur, Jakarta Selatan.

Puluhan WNA tersebut dimankan karena diduga melakukan penipuan online.

Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Herry Heryawan, mengatakan, dalam penangkapan puluhan WNA ini terkait kejahatan cyber online dengan target korban warga asal negaranya sendiri.

“Mereka melakukan penipuan dari para pejabat pemerintah dan warga negara asal mereka sendiri,” kata Herry di lokasi, Kamis (07/06/2015), dini hari,seperti dilansir okezone.com.

Kemudian, lanjut Herry, puluhan WNA ini juga diduga melakukan pelanggaran keimigrasian dengan berada ilegal di Indonesia.

“Mereka direkrut untuk kerja di Indonesia ternyata mereka dibohongi karena di Indonesia mereka dipekerjakan menjadi operator, untuk melakukan penipuan mereka juga mengaku menjadi korban trafficking,” beber Herry.

Pantauan di lokasi, puluhan WNA ini dicokok disebuah rumah mewah berukuran 200 meter persegi, kemudian dalam penggerebekan ini petugas berhasil menyita sejumlah barang bukti terkait kejahatan bermodus online ini.

“Kita berhasil menyita barang bukti berupa, sebuah printer, tujuh buah laptop, 14 unit Ipad, 54 handphone, 15 buah kalkulator dan sebanyal 64 telpon Public Switched Telephone Network (PSTN) , delapan unit Handy Talkie (HT), 36 unit Port interface modem dan 14 kartu identitas lainnya,” tandasnya.
(okz\admin)

Foto|ilustrasi\

News Feed