oleh

Pilkades Sergai periode 2016-2020 Berlangsung Kondusif

PHOTO BERSAMA : Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Kepala BPMPD H. Karno, SH M.AP, Kadis Perhubungan Juffri Edy, SH, M.AP, Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala, Kakan Kesbangpolinmas Drs. Purba Siregar bersama unsur FKPD dan calon Kades tengah photo bersama disela-sela peninjauan pelaksanaan Pilkades serentak periode 2016-2022 dibeberapa Desa se- Kabupaten Sergai, Selasa (29/3). (Photo: Doc. BP/WR)

*Semangat Masyarakat Dalam Pilkades Merupakan Wujud Demokrasi Hakiki di Desa

Buanapos-Sei Rampah, Sebanyak 329 calon Kepala Desa (Kades) dari 100 Desa yang ada di 16 Kecamatan se-Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) bertarung memperebutkan kursi Kades dalam pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak untuk priode 2016-2022.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Selasa (29/3) meninjau langsung pelaksanaan Pilkades dibeberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hadir juga Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, ST, Kapolres Sergai AKBP Hernowo Yulianto, S.IK, Kajari Sei Rampah Erwin Panjaitan, SH, Kepala BPMPD H. Karno, SH M.AP, Kadis Perhubungan Juffri Edy, SH, M.AP, Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala, Kakan Kesbangpolinmas Drs. Purba Siregar, Camat Perbaungan Drs. Akmal Koto, Camat Teluk Mengkudu Misran, SE, Camat Sei Rampah Drs. Dimas Kurnianto, SH, Camat Tanjung Beringin Sudarno, S.Sos, Camat Sei Bamban Imran Doni Fauzi, SE dan Muspika Kecamatan.

Peninjauan pelaksanaan Pilkades diawali di Desa Lidah Tanah Kecamatan Perbaungan. Jumlah pemilih yang terdaftar sebanyak 2.933 suara terdiri dari 6 Dusun dan pasangan Kades sebanyak 2 orang. Meski hanya memiliki 2 calon Kades, akan tetapi masyarakat tetap antusias untuk memberikan hak pilihnya.

Masih diarea Kecamatan Perbaungan Bupati Sergai beserta rombongan meninjau Desa Sei Buluh tepatnya di Dusun I. Pelaksanaan Pilkades dengan jumlah suara sebanyak 2.609 dan 5 calon Kades ini juga berlangsung aman. Selanjutnya Bupati Soekirman menuju Desa Pematang Setrak Kecamatan Teluk Mengkudu. Kedatangan rombongan disambung hangat oleh perangkat Desa beserta jajarannya. Di Desa yang terdiri dari 8 Dusun dan 5 calon Kades serta mempunyai jumlah suara sebanyak 3.321 ini berlangsung sangat meriah.

Sementara itu di Desa Nagur Kecamatan Tanjung Beringin dengan jumlah suara sebanyak 5.192 dan 4 calon Kades, pesta demokrasi Pilkadesnya berlangsung cukup unik. Hal ini dikarenakan lokasi TPS didekorasi semenarik mungkin dengan ornamen khas Melayu serta para calon masing-masing duduk dipelaminan.

Usai meninjau Pilkades di Desa Nagur, selanjutnya rombongan Bupati Sergai menyambangi Desa Sei Rampah. Desa yang terdiri dari 10 Dusun dan 8.274 suara berlangsung lancar meskipun para pemilih mengantri untuk memberikan hak suaranya.

Lain halnya dengan Desa Pon Kecamatan Sei Bamban, Di Desa yang terdiri dari 8 Dusun dan 5.673 suara ini serta 5 calon para pemilih berdesak-desakkan mengantri untuk memberikan hak suaranya. Meski demikian masyarakat tetap semangat dan kompak dengan Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) untuk mensukseskan Pilkades yang sedang berlangsung.

Disela-sela pelaksanaan peninjauan Pilkades, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dan berduyun-duyun dalam memberikan hak suara dan memilih kades yang terbaik sesuai dengan hati nuraninya untuk kepemimpinan 6 tahun kedepan. “Bersemangatnya masyarakat dalam Pilkades merupakan wujud demokrasi yang paling hakiki di Desa, ujar Soekirman.

Dari hasil peninjauan tersebut dan dialog antara Bupati Sergai dengan P2KD maupun pihak keamanan, dibeberapa TPS tidak ditemukan kendala serta adanya tanda-tanda kecurangan. Oleh karenanya Pilkades tahun 2016 yang sedang dilaksanakan ini berlangsung lancar, aman dan kondusif. (Ramadhan)

News Feed