oleh

Pertama di Indonesia,Telkomsel Pasang Jaringan 4G LTE di 200 Lokasi

OKEBUNG |
Telkomsel meluncurkan layanan internet berkecepatan tinggi 4G LTE (long term evolution) pertama di Indonesia pada pekan kedua Desember 2014.

Menurut Direktur Utama Telkomsel, Alex Sinaga, ini adalah operasi komersial 4G pertama setelah uji coba yang dilakukan sejak 2010. “Terakhir dilakukan di Bali pada ajang KTT APEC 2013,” kata Alex, dikutip dari situs Telkomsel, Selasa 9 Desember 2014.

Layanan Telkomsel 4G LTE digelar pada frekuensi 900 Megahertz (MHz) dengan lebar pita sebesar 5 MHz. Kecepatan akses data dari layanan ini mencapai 36 Megabita per detik (Mbps). Dengan frekuensi 900 MHz, sinyal 4G Telkomsel memiliki daya pancar yang lebih besar sehingga bisa menembus gedung di perkotaan hingga daerah di luar kota. (Baca juga: Akhir Tahun, Pemerintah Buka Bisnis Jalur 4G LTE.)

Alex mengatakan, pada tahap awal Telkomsel mendirikan lebih dari 200 pemancar atau Base Tranceiver Sstation (BTS) 4G di Jakarta dan Bali. Dengan demikian, pengguna Telkomsel bisa mendapatkan layanan 4G LTE di 200 lokasi high data traffic.

Di Jakarta, Telkomsel 4G LTE bisa diakses di Bandara Soekarno Hatta, Jalan Jenderal Sudirman, Semanggi, SCBD Senayan, Tanah Abang, Pondok Indah, Kebayoran Baru, dan Blok M. Jaringan yang beroperasi secara indoor tersebar di 43 titik prominent high data traffic area seperti mal, perkantoran, gedung pemerintahan, daerah residensial, GraPARI Telkomsel. Mal yang mengadopsi sistem ini antara lain Gandaria City, Pacific Place, Senayan City, Plaza Indonesia, dan Kota Kasablanka. (Baca juga: Huawei Luncurkan Peranti 4G LTE.)

Di Bali, jaringan outdoor Telkomsel 4G LTE mencakup sekitar 90 persen wilayah kota Denpasar yaitu di kawasan Bisnis Teuku Umar, Imam Bonjol dan Sanur serta 80 persen Kabupaten Badung seperti Kuta, Legian, Nusa Dua, Jimbaran, Garuda Wisnu Kencana hingga sebagian Uluwatu. Jaringan indoor terdapat di Bandara Ngurah Rai, Mal Bali Galeria, Discovery Mall, Beach Walk dan Mall Kutabex. Layanan Telkomsel 4G LTE juga dapat dinikmati di GraPARI Kutabex dan GraPARI Telkomsel di Jalan Diponegoro.

Alex mengatakan hingga 2019 Telkomsel akan memperluas layanan 4G LTE hingga ke 22 provinsi di seluruh Indonesia. “Sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang dapat menikmati layanan ini,” ujarnya. (Tempo.co/Net)

Foto :internet/

News Feed