oleh

Permahir Mengamati Medan Peta dan Medan Sebenarnya, Yonarmed 2/105 Gelar Katihan LPMM Baterai

OKEBUNG|
Yonarmed 2/105 KS menggelar kegiatan Latihan Peta, Model, dan Medan (LPMM) Tingkat Baterai.Kegiatan diselenggarakan di daerah Biru-Biru dan Delitua Kompleks selama 6 hari (31 Agustus s.d 5 September 2020).

Pelaksanaan kegiatan LPMM diikuti oleh para Danrai tempur (A,B,C), beserta para pejabat Baterai. Kegiatan ini diselenggarakan bertujuan untuk mengukur kemampuan pejabat Komandan Baterai dalam menganalisa medan (PKT/PKM) dan kepemimpinan lapangan.

Adapun materi dalam kegiatan latihan kali ini adalah penentuan susunan kolone, arah gerakan, maupun penentuan, dan penyiapan daerah stelling dalam rangka membantu satuan manuver di depan.

Secara kualitatif dalam penyelenggaraan Latihan Peta, Model dan Medan Tingkat Kompi tersebut, diharapkan untuk para Komandan Baterai mampu melaksanakan olah yudha materi teknik dan taktik Gerakan Artileri Medan (GAM) tingkat Baterai dalam tugas tempur.

Sebagai koordinator materi, Kapten Arm Edhiyanto menyampaikan bahwa materi-materi dalam LPMM harus mampu dikuasai secara detail oleh para Komandan Baterai.

Dalam kegiatan tersebut, Komando operasional berada dibawah Danyonarmed 2/105 KS selaku Komandan Latihan. Selanjutnya Danlat memberikan komando pengendalian sebelum, selama dan sesudah pelaksanaan Latihan Peta, Model dan Medan Tingkat Baterai dengan dibantu oleh Perwira Staf.

Selaku Komandan Latihan, Danyonarmed 2/105 menyampaikan bahwa LPMM merupakan pembinaan latihan yang dilaksanakan secara terprogram sesuai kalender latihan Batalyon Armed.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa latihan tersebut menitik beratkan pada peningkatkan kemampuan prajurit Kilap Sumagan dalam hal membaca, mengamati medan di peta, model maupun di medan sebenarnya.

“Dengan latihan, sebagai prajurit kita dapat mengetahui dan mengukur kesiapan satuan. Saya berharap latihan LPMM ini dapat dipahami, dimengerti, dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Untuk para pelaku dan penyelenggara latihan, agar apa yang sudah menjadi tugas dan tanggung jawabnya harus dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan tetap mengutamakan faktor keamanan,” begitu tegasnya.

Tidak lupa dalam upaya pencegahan penulara Covid-19, kegiatan tetap berpedoman pada aturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah seperti mencuci tangan, menggunakan masker, maupun jaga jarak antar perorangan.

News Feed