oleh

Perkuat Jajaran Humas, Kapolda Sumut Gelar Pelatihan Public Speaking

OKEBUNG |
Guna memperkuat jajaran hubungan masyarakat (Humas) dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) menyampaikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat, Polda Sumut menggelar Pelatihan Publik Speaking selama 2 hari, sejak Selasa (09/12/2014) hingga (10/12/2014).

Pelatihan itu diikuti 46 personil, yang terdiri dari 9 Personil Bid Humas Poldasu, 27 Kasubbag Humas Polres sejajaran Polda Sumut, serta 10 Kabag Ops Polres terdekat meliputi Polresta Medan, Langkat, Binjai, Serdang Bedagai, Deliserdang, Tebing Tinggi, Simalungun, Tanah Karo, Labuhan Batu dan KPPP Belawan.

Dalam kata sambutan pada pembukaan pelatihan di Balai Wartawan Aula Bid Humas Poldasu, Selasa (09/12/2014), Kapolda Sumut Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo melalui Kabid Humas Poldasu AKBP Helfi Assegaf selaku penanggungjawab mengatakan, pelatihan Public Speaking bertujuan untuk meningkatkan fungsi Humas di Satwil jajaran Poldasu, sebagai power on hand memiliki kemampuan untuk menghimpun,mengelola dan menyampaikan informasi yang baik kepada media massa baik cetak maupun elektronik.

“Selain itu, peserta diharapkan dapat berbicara langsung di depan umum sehingga mendapat hasil sempurna yang dapat dipercaya dan diyakini, serta bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan personil Humas. Dengan begitu, diharapkan dapat memudahkan penyebarluasan informasi di media massa, meskipun tanpa persiapan,” ujarnya.

Dijelaskan, materi yang dilatih meliputi mengatasi rasa takut dan grogi berbicara di depan media, menyampaikan informasi dengan lebih mudah dipahami, menarik dan persuasif, melakukan persuasif berdasarkan karakter dan personality sehingga dapat membuat media terperangah dan setuju, memperkuat kesan positif kepada media dengan body languange dan Gesture, serta menciptakan keberanian, ketenangan dan kemantapan dalam public speaking.

Ditegaskan, pelatihan itu dilaksanakan Berdasarkan Surat Kapoldasu No : B/4545/IX/2014 Tanggal 18 September 2014, perihal Kebijakan Strategi Kapolda Sumut,serta UU RI No 14,Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP)dalam memberikan pelayanan. Informasi kepada masyarakat,baik secara online maupun offline.

“Berdasarkan kedua hal itu, Polri wajib melayani setiap permohonan informasi dari masyarakat secara terbuka. Untuk memenuhi amanat tersebut, Bid Humas Poldasu melaksanakan pelatihan public speaking ini,” tegasnya.(El)

News Feed