oleh

Perangi ISIS di Irak,Militer AS Keluarkan Dana Operasional Rp 87 M per -Hari

OKEBUNG|
Biaya operasi militer Amerika Serikat untuk memerangi kelompok ISI di Irak
menelan biaya yang fantastis. Besarnya sekitar US$ 7,5 juta (sekitar Rp 87 miliar) per hari! Wow!

Amerika Serikat melancarkan serangan-serangan udara di Irak untuk menargetkan para militan ISIS. Gempuran udara tersebut serta operasi lainnya di Irak setiap hari digencarkan.

Sejak kelompok radikal ISIS menguasai wilayah Irak utara dan Irak barat pada Juni lalu, Presiden AS Barack Obama telah mengerahkan sekitar 865 pasukan AS ke Irak untuk meningkatkan pengamanan para diplomat AS. Juga untuk memberikan nasihat pada pasukan pemerintah Irak dalam memerangi ekstremis ISIS.

Kemudian pesawat-pesawat berawak dan tak berawak AS dikerahkan ke Irak untuk mengintai para jihadis ISIS. Terhitung sejak 8 Agustus, pesawat-pesawat perang AS telah melakukan lebih dari 100 serangan udara terhadap para militan ISIS. Kebanyakan serangan itu dilakukan di sekitar bendungan kota Mosul di Irak utara.

Juru bicara Pentagon, Laksamana Muda John Kirby mengatakan, dana yang dibutuhkan untuk misi militer AS di Irak sejak pertengahan Juni lalu adalah rata-rata sekitar US$ 7,5 juta per hari,” tutur Kirby kepada para wartawan di Washington seperti dilansir AFP, Sabtu (30/8/2014).

Namun ditambahkan Kirby, biaya tersebut berbeda-beda dari hari ke hari. “Ini karena aktivitas kami juga meningkat, jadi begitu pula halnya dengan biaya,” kata Kirby.

Saat ini ada lebih dari 800 tentara AS yang ditempatkan di Irak. Dari jumlah itu, hampir 300 orang di antaranya bekerja sebagai penasihat pasukan pemerintah.(Dtc/Net)

Foto:ISIS/Net/

News Feed