oleh

Penyidik KPK dari TNI Tergantung Keputusan Presiden Jokowi

OKEBUNG|
Dengan adanya wacana pelibatan anggota TNI dalam penugasan sebagai penyidik di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikatakan oleh Menteri Dalam Negri Tjahjo Kumolo bahwa tentunya TNI akan menuruti apa yang menjadi intruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam hal keputusan tersebut.

“Mengenai penyidik KPK, saya kira sebagai pembantu Presiden, TNI tinggal menunggu hasil keputusan dari Bapak Presiden Jokowi saja,” ujar Tjahjo Kumolo saat ditemui wartawan di Taman Kota, Waduk Pluit, Jakarta Utara, Sabtu (09/05/2015).

Dia menambahkan, keputusan anggota TNI yang nantinya ditempatkan atau diposisikan sebagai penyidik KPK akan diputuskan langsung oleh Presiden Jokowi.“Tergantung Presiden keputusan apa yang mau diambil,” imbuhnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Indriyanto Seno Adji mengusulkan agar ada kajian untuk merevisi UU KPK terlebih dahulu jika memang ingin mengangkat penyidik dari unsur TNI.

“Sebaiknya, UU KPK memang diperlukan kajian dan revisi untuk menentukan pengangkatan penyidik selain yang berasal dari Polri atau Kejaksaan,” tutur Indriyanto saat dihubungi melalui pesan singkat.

Namun demikian, dirinya belum memastikan tentang wacana penyidik lembaga antirasuah yang diangkat dari unsur TNI aktif. Pasalnya, lanjut Indriyanto, ada regulasi yang mengatur tentang pengangkatan penyidik di KPK.

“Saya belum bisa memastikan tentang wacana penyidik dari TNI, karena KPK terikat regulasi UU yang mengatur pengangkatan penyidik,” tutupnya.(okz\net)

Foto|KPK\TNI

News Feed