oleh

Pembangunan Pemukiman Pengungsi Erupsi Gunung Sinabung Ditargetkan 3 Minggu Selesai

OKEBUNG|
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyebutkan bahwa pembangunan 50 unit perumahan tahap awal untuk para pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung yang berada dikawasan perbukitan puncak 2000 di Desa Siosar Kecamatan Merek Kabupaten Tanah Karo,Provinsi Sumatera Utara ditargetkan selesai selama dalam tiga minggu.

“Ditargetkan selamma tiga minggu selesainya,”sebut Kasad,usai meninjau lokasi relokasi pengungsian dan pengerasan jalan seluas 3.4 KM dan pembukaan jalan baru di dalam hutan seluas 5.8 KM yang menuju ke lokasi pembangunan 50 rumah untuk para pengungsi sekaligus melihat langsung lokasi penampungan pengungsian di bekas areal kampus Universitas Karo (UKA) di Kota Kabanjahe Kabupaten Tanah Karo,Provinsi Sumatera Utara,Rabu (05/11/2014).

IMG00865-20141105-1157
Masih kata Kasad,hal ini merupakan tindaklanjut kunjungan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi ) pada 29 Oktober 2014 lalu yang melihat langsung nasib para pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung.Selanjutnya,Presiden memerintah TNI dalam hal ini Kodam I/BB untuk segera melakukan pengerjaan pembukaan dan pengerasan jalan, dimana untuk pengerjaan itu, Presiden Jokowi telah memberikan dana awal sebesar Rp 1 Milliar.

“Pembangunan tersebut menindaklanjuti perintah Presiden kepada pihak TNI,”jelas Kasad.

Berdasarkan dari hasil laporan, pengerjaan tidak ada mengalami kendala terutama pembukaan jalan yang melewati kawasan hutan karena proses perizinannya telah dikeluarkan pada 31 Oktober 2014 oleh Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

KASAD juga mengemukakan bahwa pengerjaan pengerasan dan pembangunan rumah merupakan bagian dari kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), sehingga dalam waktu tiga minggu tersebut jalan sudah bisa dilalui kenderaan serta rumah bisa ditempati langsung 50 KK.

Dimana nantinya pembangunan rumah secara bertahap yang diperkirakan mencapai 1000 lebih nantinya bisa dihuni oleh para pengungsi korban erupsi gunung sinabung. Namun saat ini kita fokus terlebih dahulu untuk melakukan pembuatan dan pengerasan jalan sehingga mempermudah para pengungsi yang nantinya menghuni kawasan tersebut.

KASAD juga menerangkan TNI hanya membantu saja agar proses relokasi berjalan cepat dimana mengenai dana itu dikordinasikan kepada instansi yang berkompeten dalam hal ini, dimana fokus pembangunan jalan ini lah yang diprioritas sehingga dirinya melihat langsung lokasi pembukaan jalan tersebut.

Ditegaskan Kasad, meski proses pembukaan lahan dan pengerasan jalan serta pembangunan rumah harus cepat selesai, namun kwalitasnya harus bagus.

Dalam kunjungan tersebut, KASAD Jenderal TNI Gatot Nurmantyo bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Winston P Simanjuntak makan bersama dengan para pelajar dilokasi pengungsian di bekas areal kampus Universitas Karo

Adapun pembukaan jalan relokasi pengungsi erupsi Gunung Sinabung di Desa Siosar, Kecamatan Merek jarak tempuh perjalanan  sejauh lebih kurang 15 Kilometer dari Kota Kabanjahe Kabupaten Tanah Karo sedangkan, pengungsi erupsi Gunung Sinabung yang akan ditempatkan di relokasi Desa Siosar berasal dari 7 Desa dan satu dusun di Kabupaten Karo.

Dari tujuh desa itu, beberapa diantaranya Desa Simacem, Desa Bekerah danDesa Sukameriah merupakan daerah zona merah yang hanya berjarak 4 Km dari kawah Gunung Sinabung.

Jumlah pengungsi erupsi Gunung Sinabung tercatat sebanyak 3.284 jiwa atau 1.018 kepala keluarga (KK) yang ditempatkan di 12 titik penampungandi Kabupaten Karo dan Kabanjahe.(zan)

News Feed