oleh

Pekerja Gudang Penimbunan Besi Tua Temukan 45 Mortir Aktif

SURABAYA-OKB|
Pekerja gudang penimbunan besi
tua yang berada di Jalan Benteng Miring, Kelurahan Semampir, Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (12/07/2014) menemukan 45 meriam aktif ditemukan di gudang penimbunan besi

Atas temuan itu,pihak Kepolisian Polres Pelabuhan Tanjung Perak yang menerima informasi penemuan puluhan mortir itu, langsung berkoordinasi dengan Tim Gegana Sat Brimob Polda Jawa Timur dan menuju TKP.

Sampai di lokasi, Tim Gegana melokalisir peledak berbahaya tersebut dari jangkauan masyarakat sekitar. “Untuk penyelidikan lebih lanjut, semua mortir kita bawa ke Markas Brimob di Jalan Gresik,” terang Wakapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Kompol Mustofa,seperti dikutip dari merdeka.com.

Menurut Mustofa, ke-45 mortir berbentuk lonjong dengan panjang 30 centimeter dan diameter mencapai 11 centimeter ini, kali pertama ditemukan para pekerja gudang besi tua milik H Noer.

“Awalnya, mereka (para pekerja gudang) berniat melakukan rutinitasnya, yaitu membongkar kontainer, yang seluruhnya berisi besi tua. Kebetulan waktu itu yang dibongkar kontainer dari Timika, Papua,” lanjut Mustofa.

Namun, masih kata Mustofa, saat dilakukan penyortiran, para pekerja menemukan 45 unit besi tua mirip gumpalan peluru raksasa. “Karena takut meledak, akhirnya kejadian ini dilaporkan ke polisi untuk ditindaklanjuti,”katanya.

Sementara itu, rencananya, puluhan peluru meriam aktif tersebut akan dihancurkan di Tuban. “Mengingat pelurunya cukup besar, dan diduga mempunyai daya ledak tinggi, terlalu berbahaya jika dimusnahkan di Surabaya. Jadi kita bawa ke Tuban dan dihancurkan di sana,” tandas Mustofa. (net)

News Feed