oleh

Pasca Unras Anarkis,Polisi Tetapkan 21 Anggota FPI Jadi Tersangka

OKEBUNG |
Pasca bentrokan antara petugas Polisi dengan ratusan ormas FPI,akhirnya pihak Polisi menetapkan 21 orang sebagai tersangka,Sabtu (04/10/2014)

“Ditangkap 20, (lalu) tambah jadi 21 (tersangka). Diamankan di TKP dan sebagian kecil dikejar ke markas FPI Petamburan,” ungkap Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, Sabtu (04/10/2014)melansir kompas.com.

Laanjutnya.pihak Polisi akan memeriksa petinggi FPI yang juga dianggap sebagai penanggung jawab unjuk rasa berinisial IR. Dari catatan Kompas.com saat penangkapan pada Jumat, IR adalah inisial untuk Irwan.

“Kami akan memeriksa petinggi FPI yang jugaa sebagai penanggung jawab,”tegasnya.

Bila sudah terkumpul bukti yang cukup,sebut Rikwanto, Irwan dapat dijadikan tersangka. Mereka dikenakan sangkaan melanggar perjanjian saat mengajukan izin demonstrasi. “Harusnya di Balaikota tetapi kenyataannya di DPRD DKI Jakarta,” ujar dia.

Para tersangka, lanjut Rikwanto, diketahui membawa peralatan yang dapat membuat kondisi anarkistis. Dalam demonstrasi yang berakhir ricuh itu, 16 polisi terluka termasuk Kapolsek Gambir AKBP Putu Putera Sadana.

Empat personel polisi masih menjalani perawatan di RS Kramat Jati. Sedangkan Kapolsek Gambir sendiri masih dirawat di RS Pelni.

Para tersangka dikenakan sangkaan Pasal 214 ayat (1) dan ayat (2) Kitab Undang-undang Hukum Pidana tentang tindakan melawan petugas dan atau pasal 170 ayat (1) dan ayat (2) KUHP tentang perusakan barang secara bersama-sama dan atau pasal 160 KUHP tentang penghasutan dan atau pasal 406 KUHP juncto Pasal 55 KUHP. Mereka terancama hukuman lima tahun penjara.(net)
Foto:kombes richwanto\net

News Feed