oleh

Panglima TNI Hadiri Pencanangan Baksos TNI KB-KES Tingkat Nasional

 
OKEBUNG|
Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI Edy Rahmayadi  melaporkan kegiatan Baksos TNI KB-Kes kepada Panglima TNI Jenderal TNI DR. Moeldoko pada upacara Pencanangan Baksos TNI KB-KesTingkat Nasional Tahun 2015  di Lapangan Sepak Bola Emplasmen Kebun Kec. Beringin Kab. Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara, Jum’at (22/05/2015).

Dalam laporanya Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI Edy Rahmayadi menyampaikan, latar belakang Baksos TNI KB-Kes yaitu menyikapi tantangan baru dalam pengendalian penduduk, maka UU No. 52 Tahun 2009 tentang pembangunan penduduk dan pembangunan Keluarga Berencana harus dilaksanakan dengan meningkatkan partisipasi berbagai pihak.

Dengan demikian keberhasilan program kependudukan dan KB sangat ditentukan oleh partisipasi seluruh lapisan masyarakat, dan tidak terlepas juga dengan seluruh jajaran TNI yang ada di semua tingkatan wilayah.

Pada moment ini peran serta anggota TNI sangat strategis sebagai pelopor, motivator dan dinamisator segenap kekuatan sosial dengan dibantu oleh seluruh instansi, lembaga dan organisasi masyarakat lainnya.  

Mulai dari tingkat desa sampai ke tingkat provinsi. Selanjutnya Pangdam I/BB menyampaikan tujuan pelaksanaan Baksos TNI KB-Kes meningkatnya cakupan pelayanan program KB berkualitas pada masyarakat, komitmen Pemerintah Daerah yang disinerjikan dengan TNI, kesertaan ber-KB para pasangan usia subur dan meningkatnya pemahaman masyarakat  terhadap arti pentingnnya program kependudukan KB dan Pembangunan Keluarga.

Kegiatan pencanangan Bakti Sosial TNI KB-Kesehatan Tingkat Nasional Tahun 2015 diikuti lebih kurang 2500 orang terdiri dari unsur,BKKBN Pusat dan Kementerian, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Seindonesia, FKPD Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Jajaran Kodam I/BB sewilayah Sumatera Utara, Bupati/Walikota Sesumatera Utara, SKPD KB Kab/Kota Seprovinsi Sumatera Utara, FKPD Kabupaten Deli Serdang, TP. PKK Provinsi dan Kab. Deli serdang, Dinas Kesehatan Sesumatera Utara, Unsur TNI Kota Medan dan Deli Serdang, Para PLKB dan Kader KB Sekabupaten Deli Serdang.

Selain itu juga di gelar Kegiatan Baksos dalam pencanangan Baksos TNI KB-Kes Tingkat Nasional ini antara lain : Pelayanan KB Gratis, Pelayanan Kesehatan Gratis, Screning Katarak, Donor Darah,

Pembagian Sembako kepada masyarakat kurang mampu dan Pameran Gelanggang Dagang Kelompok Uppks

Ka BKKBN RI Ir Ambar Rahayu, MNS mengatakan BKKBN bekerjasama dengan TNI dalam program Kependudukan dan Keljuarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Sejarah mencatat TNI merupakan mitra kerja yang sangat potensial dalam mempercepat pencapaian keberhasilan program sehingga dapat menekan angka kelahiran.

Pencanangan Baksos TNI KB Kesehatan merupakan momentum penting yang diharapkan dapat menjangkau sasaran program KKBPK yang dapat menjangkau sasaran sampai dengan daerah-daerah terpencil dan tertinggal dengan mendekatkan pelayanan program kepada masyarakat.

Pengembangan program pembangunan keluarga sebagai upaya menyiapkan SDM berkualitas terutama di asrama TNI diharapkan dilakukan dengan pembentukan kelompok-kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) dan Bina Keluarga Remaja (BKR). Pelayanan keluarga berencana dan kesehatan reproduksi oleh TNI akan didukung dengan pelatihan bagi para tenaga medis yang berada di lingkungan fasilitas pelayanan kesehatan TNI.

Hal ini dilakukan untuk menjaga kelangsungan dan kualitas kesertaan ber-KB dan mendorong pemakaian alat kontrasepsi jangka panjang.
 
Hadir dalam acara tersebut Gubernur Sumatera Utara, Unsur FKPD Prov. Sumut, Kepala BKKBN RI, Bupati Deli Serdang, Para Bupati/Walikota seKab/Kota Prov. Sumut, Unsur FKPD Kabupaten/Kota Wilayah Prov. Sumut, Ibu Ketua Umum Dharma Pertiwi , Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Prov. Sumut, Kepala Perwakilan BKKBN Sumut, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Sumut,  Kepala Biro Pemberdayaan Perempuan & Anak Serta Keluarga Berencana Prov. Sumut, Ketua Tim Penggerak PKK se Kab/Kota Prov. Sumut,  Kepala SKPD Keluarga Berencana Kab/Kota Prov. Sumut.[ryan]

 

News Feed