oleh

Panglima TNI bersama 25 Panglima AB Asia Pasifik Ikuti CHOD di Brunei

OKEBUNG|
Panglima TNI Jenderal Moeldoko bersama 25 Panglima Angkatan Bersenjata Se-Asia-Pasifik mengikuti Konferensi Panglima Angkatan Bersenjata atau Chief of Defense (CHOD) Conference, di Indera Samudra Grand Hall 1, Brunei Darusalam, Selasa (04/11/2014).

 
Konferensi Panglima AB Asia Pasifik merupakan pertemuan tahunan dari tanggal 03 hingga 06 November 2014 ini bertujuan untuk mendiskusikan permasalahan aktual keamanan kawasan dan mencari penyelesaian terhadap beberapa issu global.

Disamping itu, CHOD Conference sebagai bagian dari kerja sama pada tingkat pimpinan senior untuk meningkatkan saling pengertian dalam hubungan Military to Military di kawasan Asia-Pasifik guna mendapatkan kesamaan persepsi dalam menciptakan stabilitas keamanan di kawasan tersebut.
 
Konferensi ini bermanfaat dalam rangka lebih mengakrabkan hubungan antar Panglima AB se Asia-Pasifik, sehingga mempermudah koordinasi dalam menghadapi permasalahan yang mungkin terjadi di kawasan tersebut.
 
Konferensi tahun ini diikuti oleh 26 Panglima Angkatan Bersenjata diantaranya, Australia, Amerika Serikat, Brunei Darussalam, Inggris, Indonesia, Jepang, Malaysia,  Perancis, dan Tiongkok. 

Seperti dilansir rmol Tema CHOD tahun ini yaitu, Multilaterism: Practical Coorporation Towards Shared Responsibilities”. Konferensi yang berlangsung sampai tanggal 6 mengikut sertakan beberapa pakar internasional sebagai pembicara, yaitu Prof. Yoshihide Soeya, Prof. Jia Qingguo,  Dr. Edward Luttwak dan Prof. Andrew O’Neil.
 
Dalam acara ini, para Panglima Angkatan Bersenjata se-Asia-Pasifik bertemu dalam beberapa forum, antara lain pertemuan bilateral, multilateral, plenary sessions dan kunjungan kehormatan kepada Putra Mahkota Pangeran Brunei Darussalam  Al-Muhtadee Billah.

Panglima TNI menyatakan keikutsertaan ke CHOD tahun ini untuk bertemu dengan para counterpart dan membicarakan beberapa isu penting di kawasan Asia Pasifik. (admin/net)
Foto:int/google/

News Feed