oleh

Panglima TNI :Angkat Bodi Pesawat AirAsia QZ8501,TNI Siapkan KRI Banda Aceh

OKEBUNG|
Saat ini Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah menyiapkan peralatan dan kapal perang untuk mengangkat bodi beserta sayap pesawat AirAsia QZ8501 yang ditemukan di dasar laut perairan Selat Karimata, Kalimantan Tengah.

Badan pesawat AirAsia QZ 8501 dan sayap Airbus itu ditemukan oleh tim SAR gabungan, Rabu kemarin, 14 Januari 2015.

“Badan pesawat sudah diketahui posisinya. Kami telah siapkan KRI Banda Aceh untuk membantu mengangkat bodi pesawat,” ujar Panglima TNI, Jenderal Moeldoko, usai membuka Kejuaraan Karate di Mabes TNI Cilangkap, Kamis (15/012015)melansir viva.co.id.

Jenderal TNI,Moeldoko memastikan, TNI tetap akan membantu Basarnas untuk melakukan pencarian dan evakuasi, meski operasi SAR unsur gabungan diakhiri. “Kami akan tetap membantu dalam operasi pencarian dan evakuasi sampai tuntas,” ujarnya.

Tim unsur gabungan Badan SAR Nasional menemukan bodi pesawat dengan sayap yang menempel di bawah laut. Badan pesawat itu ditemukan berdasarkan hasil deteksi bawah air oleh kapal GeoSurvey menggunakan Sidescan Sonar di objek 15 untuk klarifikasi.

“Saya sudah konfirmasi dengan meminta pesawat Swift Singapura. Mereka saya instruksikan untuk mengambil gambar bagian bodi pesawat itu,” kata Kepala Basarnas, Marsekal Madya TNI FHB Sulistyo, dalam konferensi pers di kantornya.

Dari gambar yang berhasil diambil, pada bagian bodi pesawat jenis Airbus itu tertulis “Now Everyone”. Bagian bodi pesawat yang ditemukan itu berdimensi 30x10x3 meter. Soelistyo menjelaskan, jarak ditemukan bagian bodi QZ8501 cukup jauh dengan ekor pesawat yang telah ditemukan sebelumnya.

“Lokasinya (ditemukan bagian bodi dan sayap pesawat) 3.000 meter dari lokasi ekor pesawat yang ditemukan sebelumnya. Dan berada 800 meter dari FDR yang ditemukan kemarin,” ungkapnya. (admin\viva)

Foto:dok\net\okz

News Feed