oleh

Pangdam Jaya/Jayakarta Panen Raya Padi di Cibitung

OKEBUNG
Sinergitas Kodim 0509/Kab.Bekasi, Pemerintah Kab Bekasi dan Kelompok Tani dalam menyukseskan swasembada pangan mulai membuahkan hasil. Di lahan percontohan pertanian ketahanan pangan Kodam Jaya/Jayakarta ,Kampung Rawa Lele Desa Wanajaya Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi telah dilaksanakan Panen Raya oleh Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Agus Sutomo, SE. Sabtu (02/05/2015).

Dilahan percontohan pertanian ketahanan pangan Kodam Jaya/Jayakarta ini aparat Kodim 0509/Kab. Bekasi melalui para Danramil dan Babinsa bekerjasama dengan kelompok tani mengembangkan metode tanam sistem IPAD-BO. Sistem tanam IPAD-BO adalah sistem tanam dengan merevitalisasi kualitas dan kesehatan tanah (soil health and quality) serta meningkatkan produktivitas tanaman padi dapat dilakukan dengan memanfaatkan kekuatan biologis tanah. 

Dari hasil penelitian sistem ini ternyata mampu menghasilkan padi 8 – 12 ton/ha (peningkatan hasil rata-rata berkisar 50 – 150% dibandingkan dengan system biasa) .

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Danramil dan para Babinsa  serta petani pengelola atas kerjasamanya mengelola lahan pertanian ini sehingga menghasilkan panen yang bagus, semoga hasil yang bagus pada panen raya ini bisa menjadi contoh bagi para petani yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi” ucap Pangdam Jaya.

TNI AD dalah hal ini Kodam Jaya/Jayakarta melalui komando kewilayahannya selalu mengawal program upaya khusus swasembada pangan, karena program tersebut merupakan program pemerintah pusat dibidang pertanian untuk swasembada pangan secara nasional, sehingga dua tahun kedepan negara Indonesia tidak lagi mengimpor beras.

“Para petani dapat melihat dan membandingkan hasil panen padi yang dikerjakan oleh para petani dengan hasil yang diperoleh melalui cara yang dipakai Kodam Jaya saat ini” Tegas Pangdam. Dengan sistem yang digunakan oleh Kodam Jaya ini, hasil yang didapat jauh lebih banyak, sehingga dengan hasil yang lebih banyak sudah pasti akan semakin meningkatkan kesejahteraan para petani.

Hadir pada kesempatan panen raya di Cibitung Kab. Bekasi kali ini antara lain Danrem 051/Wkt, perwakilan dari Kemenristek, Sekda Bekasi, perwakilan Distan Jawa Barat, Kapolresta Kab. Bekasi serta para Dandim Jajaran Korem 051/Wkt.[rel]

News Feed