oleh

Pangdam Jaya Himbau Warga Jakarta Dukung Suksesnya Pelaksanaan Peringatan ke-60 KAA

OKEBUNG|
Dalam rangka menyukseskan Peringatan 60 Tahun KAA yang berlangsung pada 19-24 April 2015 di Jakarta dan Bandung, Kodam Jaya secara total dan serius mempersiapkan Pengamanan bagi setiap rangkaian kegiatan dikarenakan kegiatan ini adalah perhelatan besar yang mempertaruhkan nama baik, kewibawaan serta kehormatan Bangsa Indonesia.

Tugas pokok Satgaspamwil 1 adalah melaksanakan pengamanan fisik tidak langsung pada Ring II dan Ring III terhadap Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, seluruh Kepala Negara, Kepala Pemerintahan, dan peserta Peringatan KAA selama tujuh  hari di wilayah Jakarta.

Seperti yang diungkapkan oleh Pangdam Jaya Mayjen TNI Agus Sutomo, S.E., selaku Dansatpamwil-1/Jakartapada acara Apel Kesiapsiagaan pekan lalu “Kodam Jaya mengerahkan 3.550 prajurit dari Kodam Jaya/Jayakarta, Kostrad, Marinir dan Paskhas serta menyiapkan kendaraan taktis Anoa dari Brigif-1 Pengaman Ibukota/Jaya Sakti”.

Lebih dari itu, Pangdam Jaya bahkan memeriksa Alutsista yang akan digunakan bahkan mencobanya. Dengan sigap Pangdam Jaya mencoba motor yang akan digunakan oleh Prajurit Kodam Jaya dalam bagian tugas Pengamanan tersebut.

Adapun Fokus pengamanan dari pasukan yang dipimpinannya antara lain personel, bandara, tempat pertemuan, penginapan dan rute perjalanan. Demi mengantisipasi berbagai kemungkinan ancaman yang akan mengganggu kelancaran penyelenggaraan Peringatan KAA selama berlangsung di Jakarta. 

Setiap tahapan atau prosedur pengamanan harus direncanakan dan dipersiapkan dengan baik.
“Saya tekankan agar Satgas dapat bekerja maksimal, menutup setiap celah kelemahan, sehingga dapat mencegah kesalahan atau pelanggaran sekecil apapun dalam pelaksanaan tugas pengamanan,” tutur Pangdam Jaya.

Pangdam Jaya mengimbau seluruh satuan jajaran Kodam Jaya yang terlibat serta pasukan yang akan bertugas mengamankan Peringatan KAA di Jakarta agar memahami dan kuasai  prosedur tetap pengamanan sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing. Pasukan juga harus memegang teguh disiplin dan mematuhi rantai Komando agar tugas pengamanan dapat terlaksana dengan lancar, efektif dan efisien.

“Hindari sikap ragu-ragu dalam bertindak dan maksimalkan fungsi intelijen serta tingkatkan koordinasi secara lebih optimal dengan seluruh unsur yang terkait tugas pengamanan. Jaga selalu faktor keamanan dan cermati setiap perkembangan situasi yang terjadi di obyek sasaran tugas masing-masing,” terangnya. 

Pangdam Jaya juga berharap bagi segenap Masyarakat Ibukota untuk mendukung agar lancar terlaksananya kegiatan ini dengan cara mengurangi kegiatan diluar pada saat kegiatan Peringatan KAA berlangsung, terlebih dari itu Pangdam Jaya juga meminta agar setiap masyarakat turut menjaga keamanan bersama demi suksesnya acara tersebut. [Rel]

News Feed