oleh

Pangdam I/BB Buka TNI Manunggal Membangun Desa ke -94 Tahun 2015

 

OKEBUNG|
Pangdam I/BB Mayjen TNI Edy Rahmayadi pimpin pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa Ke-94 TA. 2015 Di Desa Harang Julu Kec.Sosa Kab. Padang Lawas,Provinsi Sumatera Utara, Kamis (07/05/2015).

Dalam amanat Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang dibacakan Pangdam I/BB mengatakan  program TNI Manunggal Membangun Desa adalah kelanjutan program ABRI Masuk Desa (AMD), yang telah dimulai sejak tahun 1980. 

Selama 35 tahun, program lintas sektoral yang dilaksanakan secara terpadu antara TNI, Kementerian /Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan masyarakat ini telah menghasilkan capaian yang tidak sedikit di seluruh pelosok tanah air.

Syukur alhamdulillah, TMMD telah secara berkesinambungan membantu pemerintah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Program TMMD haruslah berasal dari aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan, tertinggal, terisolasi, wilayah perbatasan serta terkait dengan kebutuhan nyata masyarakat setempat yang harus segera dicarikan solusi atau pemenuhannya.

Dengan langkah dan pendekatan seperti itu, diharapkan TMMD tidak hanya dapat terus mempercepat proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah, tetapi juga pada gilirannya akan dapat memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat. Hari ini juga bersamaan dengan Pembukaan TMMD ke-94 yang dilaksanakan secara serentak di 61 Wilayah Kabupaten / Kota di seluruh wilayah tanah air.
 

Lebih lanjut Pangdam I/BB mengatakan program TMMD ke-94 kali ini, telah ditetapkan Tri Sukses TMMD yang meliputi,sukses penyelenggaraan, sukses memperkokoh kemanunggalan TNI – Rakyat, serta sukses meningkatkan budaya gotong royong di seluruh tanah air.

Pelaksanaan kegiatan TMMD ke-94 yang dilaksanakan meliputi terkait sasaran fisik antara lain adalah pembangunan infrastruktur, serta sarana dan prasarana fasilitas umum lain yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah seperti pembukaan jalan sepanjang 2,2 km, pembuatan jembatan sementara, perbaikan dranneise, pembuatan dinding penahan tanah dan perbaikan mesjid sebanyak 4 unit.

Dengan harapan dapat membuka isolasi antar desa di daerah-daerah terpencil, pedesaan, terbelakang maupun perbatasan  dan  membantu kegiatan pencapaian swasembada  pangan  untuk pada gilirannya semakin meningkatkan roda perekonomian daerah tersebut. 

Sedangkan untuk sasaran non fisik, pelaksanaannya bekerjasama dengan Kementerian Agama RI dan jajarannya di seluruh indonesia, serta instansi terkait lain. Terkait sasaran non fisik, satuan tugas TMMD dan para petugas yang telah disiapkan antara lain akan membantu pemerintah melakukan pembinaan mental dan Wawasan Kebangsaan, mencegah berkembangnya paham radikal seperti ISIS dan sejenisnya, sosialisasi kesehatan, KB dan bahaya Narkoba, serta memantapkan kerukunan hidup umat beragama di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

 Diharapkan TMMD tersebut sejalan dengan semangat yang terkandung dalam tema TMMD ke-94 kali ini, yaitu : “Dengan Semangat Kemanunggalan, TNI, Polri, Kementerian, Lembaga Pemerintahan Non Pemerintahan, Pemerintah Daerah dan Seluruh Komponen Bangsa Lainnya,

Kita Laksanakan Percepatan Pembangunan Melalui Program TNI Manunggal Membangun Desa Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Pedesaan”. Kepada seluruh Dansatgas TMMD Kepala Staf TNI Angkatan Darat menekankan agar mengoptimalkan program TMMD sebagai salah satu langkah nyata dalam mendukung serbuan teritorial. Untuk itu jadikan masyarakat sekitar sebagai saudara dan keluarga dengan turut tinggal di rumah-rumah penduduk selama kegiatan TMMD.

Jadikan mereka sebagai orang tua sendiri serta jadikan rumah mereka seperti rumah sendiri yang harus dirawat dan dijaga dengan baik

Hadir dalam acara tersebut  Danrem 023/KS, Aster Kasdam I/BB, Kapendam I/BB, Para Dandim jajaran Korem 023/KS, Bupati Kab. Padang Lawas, Unsur FKPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Organisasi Kepemudaan.[rel]

News Feed