oleh

Pangdam I/BB Buka Rapat Koordinasi Upaya Khusus Pencapaian Swasembada Padi ,Jagung & Kedelai

OKEBUNG |
Pangdam I/BB Mayjen TNI Edy Rahmayadi dan Gubernur Sumatera Utara H. Gatot Pujo Nugroho,S.T, MS.i membuka Rapat Koordinasi Upaya Khusus Pencapaian Swasembada Padi,Jagung dan Kedelai Provinsi Sumatera Utara (17/03/2015).

 
Pangdam I/BB Mayjen TNI Edy Rahmayadi mengatakan TNI berkomitmen mendukung dalam pencapaian swasembada padi, jagung dan kedelai di Provinsi Sumatera Utara ,yang telah ditegaskan Bapak Kasad bahwa swasembada pangan harus dicapai dalam dua tahun.

Operasional unsur  TNI telah diatur sebagai  contoh Dandim harus berkoordinasi dengan Bupati /Walikota dan Dinas Pertanian serta Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Danramil koordinasi dengan Camat dan Kepala cabang Dinas Pertanian serta pimpinan Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan, para Babinsa koordinasi dengan para Penyuluh Pertanian yang ada di setiap Desa/wilayah kerja Penyuluh Pertanian.

Lebih lanjut Pangdam I/BB menyampaikan TNI siap mendampingi, mengawal dan mengawasi kegiatan pendistribusian pupuk bersubsidi, bibit dan alsintan serta akan melaporkan apabila terjadi penyelewengan dalam pendistribusian di lapangan.Setiap Babinsa harus melaksanakan  pendampingan dengan petugas penyuluh pertanian,berperan aktif sebagai komunikator, fasilitator, advisor, motivator, edukator, organisator dan dinamisator dalam rangka upaya khusus peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai serta melaksanakan upaya menerapkan pola tanam dan pemupukan yang tepat serta benih yang unggul,juga perbaikan irigasi dan pembuatan waduk/bendungan pada areal dan lahan yang selama ini kurang produktif serta mencetak lahan baru.

 
Sementara itu,Gubernur Sumatera Utara H. Gatot Pujo Nugroho, S.T, MS.i, menyampaikan secara singkat program swasembada pangan merupakan kerja sama MOU antara Menteri Pertanian Republik Indonesia dengan Kepala Staf Angkatan Darat dilanjutkan ketingkat daerah kerja sama MOU antara Gubernur Sumatera Utara dengan Pangdam I/BB yang diawali dengan pelatihan ketahanan pangan bertempat di Balai benih Tanjung Morawa.

Lebih lanjut Gubsu mengatakan dalam pelaksanaan program ini harus ada kerja sama ditingkat bawah dari Penyuluh Pertanian dengan Babinsa yang merupakan mitra dilapangan.

Kepada Kepala Dinas Pertanian agar terus terjun kelapangan untuk memantau rehabilitasi jaringan irigasi, optimalisasi lahan, serta pengembangan mekanismne pertanian yang tujuannya untuk meningkatkan hasil panen dan produktivitas,juga berharap lahan pertanian yang sudah ada jangan sampai menjadi ahli fungsi dan jangan sampai ada yang menganggur untuk lahan pertanian.
 
 
Hadir dalam acara tersebut Para Danrem jajaran Kodam I/BB, Aster Kasdam I/BB, Kapendam I/BB,Kadistan Provsu, Kepala BPP Pertanian Sumut, Kalitbang Pertanian Provsu, Kadistan Kabupaten/Kota dan Para Dandim jajaran Kodam I/BB.(rel\admin)
 
 

Ket Foto : Pangdam I/BB Mayjen TNI Edy Rahmayadi dan Gubernur Sumatera Utara H. Gatot Pujo Nugroho, S.T, MS.i Membuka Rapat Koordinasi Upaya Ksusus Pencapaian Swasembada Padi, Jagung dan Kedelai

News Feed