oleh

Pangdam I/BB : TNI AD Tak Hanya Rehab Rumah Veteran,Milik Warga Kurang Mampu juga Direhab

LANGKAT |
Sekarang ini,di era Angkatan Darat dipimpin Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono,banyak para veteran terbantu kehidupannya. Setiap hari besar TNI AD,program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), program bedah rumah Karya Bhakti TNI dan program lainnya dari Komando Atas hingga jajaran Koramil dibawah pun selalu memperhatikan veteran (LVRI).Tak hanya diperhatikan, veteran saat ini juga selalu diundang dalam kegiatan TNI AD. Para veteran pun selalu menjadi perhatian utama mulai dari tingkat Komando Wilayah hingga Komando Atas Angkatan Darat.

Kepedulian bapak Kasad Jenderal TNI Mulyono terhadap rakyat kecil, khususnya veteran dan keluarganya banyak diapresiasi publik, terlebih adanya program bedah rumah masuk dalam program sasaran fisik di TMMD ke-103 Kodim 0203/Lkt Korem 022/PT Kodam I/Bukit Barisan.

Sebagai wujud kepedulian Kasad Jenderal TNI Mulyono kepada para veteran yang telah mendarma bhaktikan jiwa raganya ke pangkuan Ibu Pertiwi saat ini pun banyak para veteran diperhatian secara serius oleh Satkowil dan Kotama jajaran Angkatan Darat.

Terkait dengan adanya rehab rumah Ibu Soudah (87) seorang janda veteran yang bermukim di kawasan Desa Palu Pakih Babussalam Kecamatan Batang Serangan Kab Langkat Sumatera Utara (Sumut) mendapat perhatian publik dan apresiasi dari para petinggi TNI AD.

Panglima Kodam I/BB Mayjen TNI MS. Fadhilah mengatakan bahwa pembangunan rehab rumah janda veteran berusia 87 tahun yang dilaksanakan dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 Kodim 0203/Langkat merupakan wujud kepedulian dan penghargaan TNI AD terhadap Veteran yang telah berjasa kepada bangsa dan negara.

“Kita ketahui bahwa veteran adalah para pejuang yang turut andil dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia, namun mereka masih memiliki keterbatasan, karena mereka tidak minta bantuan dikarenakan perjuangan yang dilaksanakan dilakukan secara iklas dan tulus, “ungkap Pangdam I/BB kepada okebung. com.

Meskipun mereka (veteran) tidak minta bantuan, tetapi sudah selayaknya kita memberikan perhatikan kepada mereka (veteran) dengan memberikan penghargaan atas jasa -jasanya yang telah turut memerdekan Bangsa Indonesia.

“Perjuangan veteran dilakukan ikhlas dan tulus,tetapi tetap kita perhatian meskipun mereka tidak meminta,untuk itu TNI AD saat ini rutin melaksanakan rehab rumah veteran, “ujar Pangdam I/BB.

Lebih lanjut Pangdam I/BB menerangkan bahwa TNI AD dari komando atas bukan hanya merehab rumah veteran saja, melainkan rumah masyarakat kurang mampu juga direhab dengan berbagai program yang dilaksanakan. Seperti dalam program TMMD saat ini dilaksanakan di wilayah Kodim 0203/Lkt anggota Satgas melaksanakan beberapa pekerjaan fisik dan non fisik.

“Tak hanya rumah veteran saja,TNI AD juga ada merehab rumah warga kurang mampu, “sebut jenderal bintang dua yang lama tugas di Kostrad ini.

Jenderal bintang dua yang pernah menjabat sebagai Kapuspen TNI ini mengatakan bahwa kegiatan rehab atau pembangunan rumah veteran rutin kita lakukan, bukan saja TNI tetapi juga bekerja sama dengan pemerintah daerah.

“Rehab rumah memang rutin dilakukan TNI AD,kali ini bersama pemerintah Kab. Langkat dan elemen bangsa lainnya yang tergabung dlm Satgas TMMD ke 103 Tahun 2018,TNI AD merehab rumah seorang janda veteran, “jelas Pangdam I/BB.

Pangdam I/BB menambahkan, semoga yang dilaksanakan TNI AD dalam rehab rumah janda veteran di wilayah Kodim 0203/Lkt dapat membantu kesulitan dan meningkatkan kesejahteraan ibu Soudah. “Semoga saja ibu Soudah setelah rumahnya tuntas direhab TNI, nyaman dan tenang dihari tuanya, “pungkas Pangdam I/BB seraya menambahkan dengan adanya TMMD kemanunggalan TNI Rakyat semakin kokoh dan merekat.

Sementara itu, Dansatgas TMMD ke-103 Kodim 0203/Lkt Letkol Inf Deni Eka Gustiana mengatakan bahwa dalam program sasaran fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 yang dilaksanakan di dua kecamatan yang ada di Langkat,Kec Wampi dan Batang Serangan, dirinya masukan rumah gubuk seorang janda veteran sebagai salah satu sasaran fisik program TMMD ke-103.

Dipillihnya rumah Ibu Soudah di Desa Palu Pakih Kec Batang Serangan sebagai sasaran fisik TMMD ke-103 karena dirinya selaku prajurit TNI AD terhenyak dan tersayat hatinya melihat gubuk yang ditempati seorang wanita tua tersebut.

Rasanya tidak pantas seorang janda veteran yang telah turut memperjuangkan Indonesia hingga merdeka seperti sekarang ini menempati gubuk reot. “Waktu melihat pertama kali dapat laporan dari anggota dilapangan,saya sedih kali,menahan airmata jugaelihat kehidupan Ibu Soudah. Bayangkan saja,gak nyangka saya ada rumah seorang janda tua veteran yang telah banyak jasanya kepada Ibu Pertiwi tempati rumah gubuk begitu, “ungkap Dansatgas.

Melihat rumah reot tak layak huni itu,akhirnya Dandim 0203/Lkt pun masukan rehab RTLH dalam program sasaran fisik TMMD ke-103 Kodim 0203/Lkt. “Rumah tersebut dimasukan dalam salah satu program TMMD ke-103 di wilayah saya sebagai bentuk perwujudan hormat dan penghargaan kita semua, TNI AD khususnya Kodim 0203/Lkt atas pengorbanan yang telah diberikan veteran kepada Bangsa Indonesia sehingga bisa merdeka seperti sekarang ini.

Dandim juga mengatakan, bukan hanya dalam program TMMD saja pihaknya memberikan perhatian dan bantuan kepada para veteran,TNI AD, khususnya Kodim 0203/Lkt juga selalu mengumpulkan dalam bentuk silaturahmi dengan keluarga besar Kodim dan dilanjutkan dengan anjangsana kebeberapa rumah veteran.
“Para veteran yang sering kita kumpulkan sangat senang dan bahagia, karena kita semua tidak pernah melupakan jasanya. Mereka juga senang karena kita sebagai generasi penerus memberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman dan nasehat sebagai salah satu motivasi dalam pelaksanaan tugas agar tetap tegar, kuat serta selalu semangat dalam melakukan tugas di wilayah masing-masing, “ucap Dandim(red) .

News Feed