OKEBUNG

PORTAL BERITA MILITER

Pangdam 1/BB Memastikan Pengamanan RI 1 di Sumut Berjalan Sesuai Rencana dan Protap

Pangdam 1/BB Memastikan Pengamanan RI 1  di Sumut Berjalan Sesuai Rencana dan Protap


OKEBUNG|
Terkait rekayasa lalu lintas di jalur sepanjang 2 Km di alan Gagak Hitam/Ring Road Medan, Mayjen TNI Cucu Somantri didampingi Wapangkoops PAM VVIP RI-1, Irjen Pol Paulus Waterpauw, menjelaskan tidak akan ada jalur jalan yang akan ditutup.


“Hanya saja akan dihentikan sesaat, yakni pada saat konvoi kendaraan Presiden bersama rombongan keluarga besar menuju titik acara di Kompleks Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi Indah Medan,” ujar Mayjen Cucu Somantri.

Pangdam) I/BB, Mayjen TNI Cucu Somantri, menegaskan bahwa pengamanan terhadap kunjungan Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo ke Medan-Sumateta Utara (Sumut) harus berjalan lancar dan jangan ada kata gagal.

“Saya tidak mau ada gagal dalam tugas,semua Dansatgas maupun Subsatgas harus berkoordinasi dan melakukan hirarki pengamanan sesuai tugas dan fungsi masing-masing,” tegas Pangdam 1/BB Mayjen TNI Cucu Somantri didampingi Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw saat memimpin upacara apel gelar pasukan pengamanan VVIP RI-1 di Lapangan Makodam I/BB, Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Rabu (22/11/2017).

Pengamanan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara, Hj Iriana Joko Widodo ke Medan, Sumatera Utara (Sumut) personel yang dikerahkan berjumlah 6.350 orang yang merupakan gabungan personel TNI (AD, AL, AU) dan Polri.

Mayjen TNI Cucu Somantri yang bertindak selaku Panglima Komando Operasi (Pangkoops) PAM VVIP menjelaskan, pengecekan pasukan ini untuk memastikan tugas pengamanan terhadap RI-1 yang dilakukan personel TNI dan Polri di Sumut, berjalan sesuai dengan rencana dan protap yang berlaku.

“Skema pengamanan terhadap RI-1 bersama Ibu Negara Hj Iriana Joko Widodo dan rombongan keluarga besar dari Solo yang harus dijalankan seluruh personel yang terlibat dan pengamanan menerapkan sistem tiga lapis yakni untuk Ring 1 ditangani oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspamres), dan Ring 2 serta Ring 3 ditangani oleh Kodam I/BB bersama Polda Sumut, “sebut Pangdam 1/BB.

Selain jumlah personel gabungan PAM VVIP ini, kata Pangdam, perbantuan pengamanan juga datang dari aparat pemerintah Kota Medan dan Provinsi Sumut. Seperti Satuan Polisi Pamongu Praja dan Petugas Pemadam Kebakaran,” jelas Mayjen TNI Cucu Somantri.

Amatan wartawan,Pangdam 1/BB Mayjen TNI Cucu Somantri bersama Irjen Pol Paulus Waterpauw, Pangkosekhanudnas III Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso, Wadan Lantamal I Kolonel Mar I Made Wahyu Santoso, Dansat PAM VVIP RI-1 Kolonel Arm Khoirul Hadi, Plt Sekdaprovsu, Wali Kota Medan, dan sejumlah pejabat utama Kodam I/BB maupun Polda Sumut, melakukan pemeriksaan pasukan pengamanan yang dibariskan di Lapangan Makodam I/BB.

Dalam pemeriksaan itu, Mayjen TNI Cucu Somantri sempat mencek satu persatu kelengkapan personel maupun peralatan pendukung tugas pengamanan VVIP RI-1. Tak hanya itu, Mayjen TNI Cucu Somantri maupun Irjen Pol Paulus Waterpauw menyempatkan diri berdialog dengan sejumlah personel untuk mengetahui lebih jauh tentang tugas pengamanan yang dibebankan kepadanya.

Usai pemeriksaan pasukan, Mayjen TNI Cucu bersama Irjen Pol Paulus Waterpauw dan pejabat lainnya melakukan peninjauan ke titik lokasi resepsi pernikahan M Arif Bobby Nasution dengan Kahiyang Ayu Putri boru Siregar di Kompleks BHR, Taman Setia Budi Indah. (Red/Pen1)

Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below