oleh

Pabrik Sabu di Medan Sudah Beroperasi Sejak 2 Tahun Lalu

OKEBUNG |
Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN)meringkus lima orang peracik narkoba jenis sabu di Medan dan Aceh,dalam penggerebekan pabrik sabu-sabu rumahan.

“Penangkapan para tersangka berawal dari penggerebekan rumah di Dusun Batang Duku, Desa Lubuk Damar, Kecamatan Seruai, Kabupaten Aceh Tamiang,Provinsi. Aceh,”ujar Kepala Humas BNN, Kombes Selamet Pribadi, Senin malam (27/04/2015)malam.

Di rumah yang dijadikan home industry narkoba itu, kata Selamet,petugas BNN juga berhasil mengamankan pemilik rumah sekaligus pemodal, SO (45) dan istrinya R (40), ahli pembuat sabu-sabu M (35) dan RT (35).

“Dari rumah tersebut empat orang diamankan,”jelasnya.

Selanjutnya,kata Selamet,dilakukan pengembangan dan masih di hari yang sama,petugas BNN bergerak ke Medan dan mengamankan Erik Barus (28) di rumahnya, Jalan Jamin Ginting, Gang Bendungan, Kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan.

“Di Medan kita berhasil menemukan barang bukti jerigen berisikan cairan pembuat sabu, gelas, tungku, kompor listrik dan bahan baku sabu, buku panduan cara membuat sabu-sabu. Produksi home industry ini diedarkan di Kota Medan,”jelas Selamet.

Para pelaku yang ada di Aceh dan di Medan merupakan satu jaringan. Mereka telah beroperasi sejak dua tahun lalu. “Bahan baku sabu dikirim dari Malaysia melalui jalur laut di Tanjung Balai maupun Asahan,” tukasnya.

Disebutkannya, para pelaku dijerat Pasal 114 (1), 113 (1) Pasal 132 subs Pasal 112 UU No 35 tahun 2009 tentang narkotika. “Ancaman hukumannya seumur hidup,” tandasnya. (msc\admin)

Foto|Ilustrasi\

News Feed