oleh

Operasi Yustisi, TNI-Polri di Siantar Razia Penggunaan Masker

OKEBUNG|
Personil Bintara Pembina Desa Koramil 04/Siantar Barat jajaran Kodim 0207/Simalungun Serka M. Ginting dan Sertu Juliater Situmorang turun langsung kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Ops Yustisi bersama Polsek Siantar Barat, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Jalan Ade Irma dan Jalan Sudirman Kecamatan Siantar Barat Kota Pematang Siantar, Sabtu (21/11/2020).

Operasi dimulai pukul 10.00 WIB, setiap warga baik pejalan kaki maupun pengendara kendaraan motor langsung dihentikan tim gabungan yang terdiri dari unsur Koramil 04/SB, Polsek Siantar Barat serta Satpol PP Siantar, ketika kedapatan tidak mengenakan masker.

Dari operasi yang dilakukan, sebagian besar yang kedapatan tidak mengenakan masker adalah supir dan penumpang angkutan kota. Tim gabungan langsung menghentikan dan memerintahkan supir maupun penumpang yang tidak mengenakan masker untuk turun. Jika membawa KTP, tim langsung menahan untuk memberika efek jera. Sedangkan bagi supir dan penumpang angkot yang tidak memakai masker dan tidak membawa KTP, tim langsung memberi sanksi berupa melafalkan Pancasila dan menyanyikan salah satu lagu nasional.

Dari pengamatan, ada sejumlah warga yang tidak hapal Pancasila dan lagu wajib nasional. Setelah itu, mereka diberi masker dan diingatkan untuk senantiasa menggunakannya selama berlangsungnya pandemi Covid-19.

Serka M. Ginting menyampaikan Berdasarkan hasil penyisiran yang dilakukan, tim masih banyak mendapati para pengendara motor tidak memakai masker. “Seharusnya masyarakat sadar akan pentingnya penggunaan masker untuk mencegah penularan Covid-19. Jangan hanya pada saat razia saja baru memakai masker. Kita harus bersama-sama untuk mencegah penularan Covid-19 dengan menjalankan protokol kesehatan, terutama memakai masker,” kata Ginting.(0207)

News Feed