oleh

Negara APEC Setuju Bentuk Badan Anti Korupsi

,”APEC Network of Anti-Corruption Authorities and Law Enforcement Agencies”.

OKEBUNG|
Negara-negara yang tergabung sebagai anggota Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) menyetujui pembentukan badan pencegahan korupsi bernama “APEC Network of Anti-Corruption Authorities and Law Enforcement Agencies”.

Lembaga ini akan bekerjasama untuk berbagi informasi terkait kegiatan anti korupsi dan penegakkan hukum diantara negara-negara anggota.

“Badan ini dibuat untuk tidak melindungi pelaku korupsi. Badan ini juga akan mengatur soal ekstradisi, bantuan hukum dan pengembalian aset yang dikorupsi,” demikian isi joint statement ke-21 pemimpin APEC seperti dilansir kantor berita dw.de Minggu, (09/11/2014).

Gerakan yang diluncurkan di Beijing bersamaan dengan KTT APEC yang tengah berlangsung ini juga akan melibatkan Amerika Serikat, negara yang tidak mempunyai perjanjian ekstradisi dengan Tiongkok. Tiongkok punya masalah serius terkait tindak pidana korupsi di negaranya. Tercatat sekitar puluhan ribu pejabat yang korupsi kabur dari negeri tirai bambu itu dengan membawa aset hingga jutaan dolar. Para koruptor ini rata-rata bersembunyi di Amerika, Asia dan Afrika.

“Perjanjian ini akan sangat baik bagi Tiongkok dalam bekerjasama dengan negara-negara lain untuk dapat menangkap pelaku korupsi dari negaranya yang kabur ke negara lain,” komentar Wang Yukai, aktivis anti korupsi dari Tiongkok Academy of Governance,melansir pemberitaan rmol.

Di sisi lain, menteri luar negeri Amerika Serikat, John Kerry juga menyambut positif pembentukan badan ini.”Ini adalah langkah yang besar,” komentarnya.(rmol\admin)
Foto:APEC\Net

News Feed