oleh

Nama Pejuang HAM,Munir Said Thalib Diabadikan Jadi Nama Jalan di Belanda

OKEBUNG|
Tentu masyarakat Indonesia masih ingat dengan pejuang Hak Azasi Manusia (HAM),Munir Said Thalib yang tewas akibat terkena racun Arsenik beberapa waktu lalu.

Ternyata nama Aktifis pejuang HAM yang telah meninggal dunia akibat diracun Arsenik didalam pesawat saat penerbangan menuju Belanda tersebut,namanya dijadikan sebagai nama jalan di Kota Den Haag, Belanda. Peresmian nama jalan yang akan dilaksanakan pada 14 April 2015 mendatang itu, rencananya akan dihadiri pula oleh istri mendiang almarhum Munir, Suciwati.

“Pemerintah Kota Den Haag di Belanda, melalui Wali Kota Den Haag akan meresmikan Munirpad, sebuah Jalan Sepeda pada 14 April 2015,” kata Direktur Eksekutif Imparsial Pungki Indarti di Kantor Kontras, Jakarta, Sabtu, dilansir merdeka.com.

Pemerintah Belanda menamakan nama jalan tersebut “Jalan Munir, Advokat pejuang HAM Indonesia”, atau yang dalam bahasa Belanda disebut “Munirpad, Indonesische voorvechter van de bescherming de rechten van de mens”.

Nama Jalan Munir itupun nantinya juga akan berada dalam satu kawasan, dengan beberapa nama jalan lainnya, yang juga dinamai dengan nama-nama tokoh terkenal di dunia.

“Jalan ini berada dalam kompleks yang juga menempatkan para pejuang HAM lainnya di dunia, seperti Marthin Luther King, Nelson Mandela, Salvador Allende, serta Bunda Theresa,” ujar Pungki.

Sementara itu istri Munir, Suciwati menambahkan, wacana mengenai Jalan Munir itu sebenarnya sudah digulirkan sejak tahun 2011, oleh pihak pemerintah Belanda.

“Perjalanan menuju proses itu telah memakan waktu yang cukup lama, karena membutuhkan serangkaian rapat untuk menyiapkan lahan. Baru pada tahun ini akhirnya rencana tersebut bisa terealisasi,” pungkasnya.(admin)

Foto |dok.net\Munir\

News Feed