oleh

Mulianya Tentara, Di Medan Perang Berani Teteskan Darah Di TMMD Teteskan Keringat Dan Kasih Sayang

SICANANG MEDAN – Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan program lintas sektoral yang dilaksanakan sebagai wujud kepedulian Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk membantu Rakyat dalam kemanunggalan (Merakyat).

Dalam memberdayakan dan meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat TMMD melakukan kerja nyata terjun langsung ketengah-tengah kehidupan warga tanpa membawa senjata tetapi dengan sentuhan kasih sayang dan perhatian.

Secara menyeluruh TMMD digelar oleh TNI, dari hujung sumatera sampai papua, dari sabang sampai mareauke untuk menentaskan kemiskinan dan memberikan sentuhan langsung sambil memberikan contoh bahwa Tentara itu bukan saja ditempah untuk pegang senjata dan perang, tetapi mampu menunjukkan jati dirinya dengan melakukan kerja nyata pegang cangkul pegang pembabat menitiskan keringat.

Di Medan perang TNI mengangkat senjata berani meneteskan darah mengorbankan nyawa pasang badan untuk keutuhan dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Disini, di TMMD Tentara mengangkat batang cangkul untuk mencangkul, mengangkat sapu lidi untuk membersihkan halaman sekolah atau mesjid-mesjid.

TMMD bukan sekedar selogan semata tetapi bentuk nyata dari sebuah pengabdian kepada negara dan rakyat, melaksanakan kerja nyata dalam bentuk persatuan dan kerakyatan.

Pada hakekatnya TMMD memberikan motivasi, menumbuhkan rasa persaudaraan dan kesadaran, juga memberikan spirit/semangat dalam Membangun wilayahnya.

Hal ini senada dengan dikatakan Dandim 0201/BS Kolonial /Inf Bambang Hargotanto saat meninjau pelaksanaan kegiatan TMMD Ke-99 di Sicanang Kecamatan Belawan.

“Program TMMD yang telah berjalan selama ini pada hakikatnya ditujukan untuk memotivasi dan menumbuh kembangkan kesadaran dan semangat masyarakat dalam membangun wilayahnya,” ujar Dandim

Pantauan wartawan ini di lokasi pelaksanaan TMMD, kegiatan di bagi dalam dua sasaran dimana sasaran fisik diprioritaskan untuk membangun infrastruktur berupa peningkatan Sarana dan Prasarana dan Fasilitas Umum guna mempercepat Pembangunan Daerah, sedangkan Sasaran Non Fisik ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta menumbuh kembangkan semangat gotong royong dan jiwa Wira usaha masyarakat dalam rangka mencapai kesejahteraan yang di harapkan.

Sedangkan secara umum pelaksanaan TMMD Ke-99 TA.2017 di wilayah Kidim 0201/BS sampai saat ini dapat berjalan dengan lancar tertib dan aman.

Hal tersebut tentu tidak terlepas dari peran dan partisipasi masyarakat yang masih memegang teguh budaya gotong royong dan musyawarah untuk mufakat serta adanya keterpaduan dan kebersamaan antar TNI, Polri, dan Pemda serta Intansi terkait dan masyarakat.

Sementara itu warga masyarakat yang tempatnya di jadikan tempat berkumpulnya para TMMD, di kampung sentosa Barat Lk 20 bp syahdan mengatakan, dengan kehadiran bapak dari TMMD 0201/BS, membuat kehidupan warga semakin baik seperti, Jalan sudah semakin bagus sehingga tidak lagi ads kendala untuk Jalan menuju kota Belawan.

Selain itu Bp syahdan juga sebagai ketua kelompok Tambak di daerah itu juga mengatakan,ini membuat para anggota kelompok semakin rajin berkumpul untuk membahas kesinambungan kelompok ini semskin maju.Ini semua karena jalan yang ada saat ini semakin baik dan berkembang.

Sementara itu bapak Kepala Lingkungan Kampung Sentosa Barat Lk 20 Kelurahan Belawan Sicanang kecamatan Medan Belawan Jihadun Akbar merasa bersukur atas kehadiran bapak TMMD ini yang sudah mensejahterakan kehidupan warganya.(yas)

News Feed