oleh

Meras Pengusaha Perkebunan Rp 2,3 Miliar,3 Anggota KPK Gadungan Ditangkap

OKEBUNG|
Diduga melakukan pemerasan kepada pengusaha perkebunan sebesar Rp 2,3 miliar,petugas Polsek Cibadak dan Polres Sukabumi menangkap tiga Anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Adapun ketiga anggota KPG gadungan tersebut yakni Adigus Syaputra (42) warga Labuan Batu, Sumatera Utara, Fhebri Yansah (30) dan Hendrawan (42) warga Gambir, Jakarta Pusat. 

Sebagaimana dikutip dari acehxpres.com,Minggu (16/11/2014) Awalnya, ketiga anggota KPK gadungan tersebut mendatangi seorang pengusaha bernama Usman Efendi di kantornya, Cijabon, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (12/9/2014). Mereka mempermasalahkan perihal utang-piutang di Koperasi Mina Jaya, Kecamatan Cibadak.

Saat mereka datang, langsung menunjukkan identitas palsu seperti kartu identitas, surat penugasan penindakan dan lain-lain. 

“Mereka menyebutkan saya menjadi aktor masalah di koperasi tersebut,” kata Usman.

Setelah itu, mereka juga langsung meminta uang sebesar Rp2,3 miliar agar kasus ini tidak diungkap atau ditindaklanjuti oleh KPK. 

Untuk menjebak ketiganya, Usman menyiapkan uang yang diminta oleh anggota KPK gadungan tersebut dan berjanji bertemu di Hotel Raflesia, Cicantayan.

Usman sebelumnya telah berkoordinasi dengan KPK di Jakarta dengan cara mengirim surat ke email resmi KPK. Ternyata ketiganya bukan anggota lembaga yang dipimpin Abraham Samad itu dan tidak pernah ada penugasan kepada mereka.

Setelah terungkap, Usman kemudian menelepon Polsek Cibadak dan Polres Sukabumi dan langsung dilakukan penangkapan. 

Selain menangkap ketiganya, polisi juga menyita barang bukti berupa ID card KPK dan surat tugas KPK palsu, lencana berlambang KPK, rompi KPK, mobil avanza B 1789 KPK (nopol palsu).

Hingga saat ini pihak kepolisian masih melakukan pemeriksaan terhadap ketiganya dan belum memberikan keterangan resmi karena masih menunggu perwakilan KPK datang ke Sukabumi. (BS/ADMIN)
Foto/ilustrasi\

News Feed