oleh

Menuju Pangkalannya, KAL Manakarra II-6-66 Dan KAL Talise II-6-65 Siap Jadi Unsur Pemukul Amankan Selat Makassar

-TNI AL-7.162 views

OKEBUNG|
Dua unsur Kapal Patroli terbaru dan bersenjata canggih milik TNI AL yaitu Kapal TNI Angkatan Laut (KAL) Manakarra II-6-66 yang dikomandani oleh Kapten Laut (P) B.Wiratama dan KAL Talise II-6-65 Lettu Laut (P) Feriyanto yang memperkuat Satuan Patroli keamanan laut di wilayah kerja Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) berangkat menuju tujuan pangkalannya masing-masing hari ini, Rabu (01/07/2020).

Keberangkatan kedua unsur Kapal penguat patroli keamanan laut di jajaran wilayah Lantamal VI tersebut, dilepas langsung oleh Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas bertempat di Dermaga Layang Mako Lantamal VI Makassar.

Sebelum pelepasan, Komandan KAL Manakarra II-6-66 menyampaikan bahwa kedua unsur kapal buatan anak bangsa dalam negeri yaitu PT Palindo Marine Shipyard Batam ini ditempatkan di bawah komando jajaran Lantamal VI Makassar yaitu KAL Talise II-6-65 di Lanal Palu dan KAL Manakarra II-6-66 DI Lanal Mamuju.

“Kedua KAL ini untuk memperkuat tugas pokok dan sebagai unsur pemukul mengamankan selat Makassar dan Lanal-lanal di bawah jajaran Lantamal VI Makasar, pada hari ini kedua KAL tersebut akan melaksanakan pelayaran menuju pangkalan akhir yaitu Lanal Mamuju dan Lanal Palu dikawal oleh unsur KRI dari Koarmada II yaitu KRI Pari-849 dimana sedang melaksanakan operasi di bawah BKO Gugus Kemanan Laut (Guskamla) Koarmada II”, ujarnya.

“Kal Manakarra II-6-66 Kurang lebih perjalanan akan ditempuh selama satu hari menuju Lanal Mamuju selanjutnya KAL Talise-II-6-65 akan melaksanakan Bekal ulang untuk persiapan pelayaran menuju Pangkalan akhir yaitu Lanal Palu”, tambahnya.

Untuk diketahui,kedua unsur KAL tersebut memiliki spesifikasi panjang 28,98 meter, lebar 6,20 meter, dengan berat 90 ton, memiliki kecepatan maksimal 28 knot, dengan kecepatan jelajah 18 knot, dan membawa ABK sebanyak 15 orang, serta mampu berlayar selama 3 hari.

Sedangkan untuk persenjataan dua kapal perang tersebut dilengkapi meriam Rheinmetal 20 MM 1 pucuk di haluan dan meriam 12,7 MM 2 pucuk di geladak isyarat.

News Feed