oleh

Menuju Indonesia Sehat,Kodim 0203/Langkat Kembali Gelar Serbuan Vaksinasi

OKEBUNG|
Untuk mengejar target Program Vaksinasi di wilayah Binjai dan Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan sekaligus selaras dengan tujuan pemerintah dalam mencapai Herd Immunity,Kodim 0203/Langkat terus bersinergi melaksanakan Serbuan Vaksinasi TNI.

Serbuan Vaksinasi ini bertujuan untuk aksi percepatan vaksinasi sesuai dengan arahan dari pemerintah guna meningkatkan imunitas diri, mendorong terbentuknya “Herd Immunity” mengurangi resiko terpaparnya Virus Covid-19 di masa pandemi sekarang ini,”tegas Dandim 0203/Langkat Letkol Inf Wisnu Joko Saputro.

Lanjut disampaikan Dandim 0203/Langkat
,bapak Presiden Republik Indonesia melalui bapak Panglima TNI dan bapak Kasad menginstruksikan kepada Jajaraj TNI dan Dinas Kesehatan untuk selalu berkoordinasi dengan stakeholder terkait yang ada di kabupaten/kota. Tentunya, dengan harapan tidak lagi menjadi zona merah dan keluar dari pandemi Covid-19.

Salah satu upaya yang harus dilakukan, kata Dandim adalah mendatangi masyarakat memastikan ketersediaan vaksin tercukupi dengan begitu wilayah Binjai dan Langkat terbebas dari Covid ataupun level-nya turun.

Masih kata Dandim,sebelumnya sejumlah lokasi diwilayah Kodim 0203/Langkat telah dilakukan vaksinasi dan masyarakat sangat antusias mengikiti Program Serbuan Vaksinasi TNI.

“Kita mengharapkan dengan adanya vaksinasi paling tidak akan mempercepat terbentuknya Herd Immunity,” harap Dandim.

Kali ini,guna mendorong terbentuknya Herd Immunity Kodim 0203/Langkat kembali melaksanakan Serbuan Vaksinasi TNI.Kegiatan berthema ‘Menuju Indonesia Sehat ” bagi warga Binjai dan Langkat tersebut dalam rangka Memperingati HUT le-76 TNI.Sabtu 09 Oktober 2021 pukul 08.30 Wib.

Vaksinsi seluruh warga kota Binjai dan sekitarnya untuk dosis yang pertama digelar di Rumkit Tingkat IV.01.07.02 Kesrem Binjai Jln Bandung Kel Rambung Barat kec Binjai Selatan.

“Serbuan Vaksinasi Massal TNI dosis pertama ini ditujukan kepada seluruh warga dan masyarakat kota Binjai dan sekitarnya yang belum mendapatkan vaksinasi dosis pertama,”jelas Dandim.

Pelaksanaan vaksinasi Massa TNI dilaksanakan oleh TNI dengan tenaga medis dari Rumkit tingkat IV.01.07.02, Kesrem Binjai,Klinik Polres Binjai,Balai Pengobatan Yonif 8 Marinir Pangkalan Brandan,Puskesmas Binjai Estate dan Puskesmas Rambung.

Untuk jenis Vaksin Covid – 19 yang disuntikkan kepada warga maupun masyarakat Kota Binjai adalah Biofarma
( Sinovac ) dengan target 1000 dosis..

Penyelenggara yang melaksanakan suntik vaksin dari tenaga medis Dinas Kesehatan kota Binjai yang lebih dahulu telah disuntik vaksin dan menjadi kader dalam pelaksanaan suntik vaksin yang tersebar di Pusskesmas Kesrem dan Klinik Polres Binjai yang ada dikota Binjai yang di pimpin oleh Kodam l/BB melalui Dandim 0203/Lkt bersama Karumkit tingkat IV.01.07.02 Binjai Mayor Ckm dr I Gede Wardhana Tohjiwa Sp.Pk dan Pasiops Kodim 0203/Lkt Kapten Inf Zulkarnaen.

Pelaksanaan vaksin tersebut mekanismenya
Meja 1 melaksanakan pendaftaran,meja 2 melaksanakan Skrining ( pengecekan tensi untuk mengetahui tekanan darah,cek suhu tubuh,dan mempertanyakan riwayat penyakit,apabila tida ada kendala dilanjutkan penyuntikan vaksin,meja 3
( ruangan ) melaksanakan vaksinasi dan Meja 4 ( ruangan ) melaksanakan observasi dengan durasi waktu 30 menit
( melihat efek setelah disuntik vaksin) ,kemudian mendapat sertifikat telah di vaksin.

“Hasil pelaksanaan vaksinasi di GOR Binjai dalam rangka HUT TNI yang ke 76 Tahun 2021 untuk jumlah masyarakat tervaksin 866 orang dengan jumlah vial 433 vial.

Dandim 0203/Langkat menambahkan,guna membentuk Herd Immunity masyarakat,Kodim 0203/Langkat terus berkolaborasi sesama tenaga kesehatan menggelar Serbuan Vaksinasi TNI.Hal ini dilakukan guna memberikan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat dengan harapan Herd Immunity terbentuk sehingga masyarakat dapat melakukan kegiatan secara normal dan roda perekonomian dapat berjalan seperti biasa.

Disela kunjungannya Dandim mendukung dan memberikan semangat kepada tenaga kesehatan agar memberikan pelayanan terbaik dan humanis kepada masyarakat di lingkungan kita, serta yakinkan kepada masyarakat bahwasanya vaksin ini aman dan halal.

“Walaupun situasi Pandemi Covid-19 belum dapat diatasi, namun pemerintah terus berupaya dan mengambil langkah-langkah penanganan dengan terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Menyikapi hal demikian, pemerintah melalui TNI dan Dinas Kesehatan Pemerintah Daerah menghimbau dan mengajak masyarakat untuk melakukan vaksin agar pandemi Covid-19 segera berakhir,” pungkasnya

Kegiatan tersebut ditinjau langsung Dandim 0203/Langkat,Danyonif 8 Marinir Letkol Mar Farick M.Tr.Opsla,Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting Sik MH,Kabagops Polres Binjai Kompol Henman Limbong, Kapolsek Binjai Selatan Kompol Bilter Sitanggang,Kasat Intel Polres Binjai AKP SBI Simanullang,Pasiops Kodim 0203/Lkt Kapten Inf Zulkarnaen,Danramil 17/BT Kapten Inf EYS Harahap dan Pasi Intel Kodim 0203/Lkt Lettu Arm Defrinal

Usai meninjau pelaksanaan vaksinasi Dandim dan rombongan meninggalkan lokasi pelaksanaan vaksinasi di GOR Binjai menuju lokasi Isoter Binjai bertempat di Jln Bejomuna Kel Timbang Langkat kec Binjai Timur.

Kodim 0203/Langkat

Berita Lainnya