oleh

Mentan Didampingi Aster Kasad dan Pangdam V/Brw Panen Perdana di Desa Rambigundam Jember

OKEBUNG|
Acara panen perdana yang dihelat di Desa Rambigundam Kec Rambipuji Jember dilaksanakan,Selasa (02/02/2016) tertunda karena factor cuaca dan akhirnya dapat terlaksana pada Rabu (03/02/2016)sekira pukul 11.30 WIB dengan menggunakan helikopter Menteri Pertanian bersama rombongan mendarat di Lapangan Desa Rambigundam Kec. Rambipuji Kab Jember.

Hadir pada acara tersebut Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman di dampingi Dirjen PSP Asisten Teritorial (Aster) Kasad Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, Pangdam V/Brw Mayjen TNI Sumardi, Danrem 083/Bdj Kolonel Inf Fajar Setyawan, S.I.P, Dandim 0824 Letkol Inf Muhammad Nas beserta jajaran Forkopinda Jember, Dinas Pertanian Kab Jember beserta Gapoktan se Kab Jember.

Kepada wartawan,Andi Amran Sulaiman menegaskan bahwa yang patut disyukuri adalah produktifitas pertanian kita meningkat drastis pada 15 bula pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Ia menyampaikan bahwa beberapa komoditas pertanian mengalami produktifitas yang luar biasa diantaranya bawang tahun lalu eksport kita 4.000 ton sekarang menjadi 14.000 ton ada kenaikan, import bawang tahun lalu 66.000 ton sekarang Cuma 14.000 ton. eksport jagung tahun lalu 37.000 ton sekarang menjadi 252.000 ton, import beras tidak ada stok beras nasional hingga saat ini masih tersedia sebesar 1,2 juta ton. Jumlah tersebut masih akan bertambah sekitar 3,5 juta ton pada saat panen padi bulan Februari ini.

Untuk Jagung tadi saya kemarin ketemu dengan peternak di Kab. Blitar mereka menjerit bahwa harga jagung ditingkat peternak menembus Rp. 6.000-7.000/Kg, namun saya bergerak cepat dengan membeli di Bulog sekitar 200.000 ton dan bagi peternak yang membutuhkan bias beli di Bulog dengan harga kalau hari ini dia beli sekitar Rp.3.400/Kg dan anehnya lagi ditingkat petani Cuma Rp. 2.700/Kg berarti ini ada ulah sekelompok orang yang bermain.

Mentan menandaskan, pihaknya akan terus berupaya mendorong produktifitas petani agar cita-cita untuk mewujudkan ketahanan pangan dapat terwujud.

Amran Sulaiman beserta rombongan tidak bias berlama-lama di Jember usai mengecek penggunaan mesin tanam bantuan dari Kementan RI kemudian melaksanakan Panen Perdana dilahan Kelompok Tani Sentosa Ds Rambigundam Kec Rambipuji Jember dilanjutkan peletakkan batu pertama pembangunan irigasi dan memberikan motivasi sebentar pada Gapoktan yang hadir.

Amran juga menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan Babinsa dan semua pihak yang terkait atas jerih payahnya produktifitas pertanian kita meningkat.

Sekitar Pukul 12.30 WIB Menteri Pertanian beserta Dirjen PSP, Aster Kasad dan Pangdam V/Brw menuju Helikopter meninggalkan lokasi dan selanjutnya menuju Surabaya. (sis24)

News Feed