oleh

Mengenal Sosok Calon Kapolri Pilihan Presiden Jokowi

OKEBUNG|
Gonjang-ganjing mencari pengganti Kapolri Jenderal Pol Sutarman yang akan memasuki masa pensiun selama ini akhirnya terbuka sudah.Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) akhirnya mencalonkan tunggal Komjen Pol Budi Gunawan sebagai pengganti Jenderal Pol Sutarman.

Akhirnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Komjen Pol Budi Gunawan sebagai calon Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) melalui surat resmi yang bernomor RI-01/Pres/2015. Komjen Pol Budi Gunawan menjadi satu-satunya kandidat Kapolri yang baru menggantikan Jenderal Sutarman yang akan memasuki masa pensiun.

Dikutip dari laman Wikipedia, Pria memiliki nama lengkap Komjen Pol. Drs. Budi Gunawan, S.H., MSi., Ph.D,dilahirkan di Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, 11 Desember 1959.

Komjen Pol Budi adalah tokoh kepolisian Indonesia. Saat ini beliau menjabat sebagai Kalemdikpol yang aktif sejak Desember 2012. Dia didapuk sebagai orang nomor satu di Lemdikpol menggantikan Komjen Pol Drs. Oegroseno.

Komjen Pol Budi Gunawan merupakan salah satu perwira intelektual terbaik dan brilian yang dimiliki Polri saat ini, ia merupakan lulusan terbaik Akpol angkatan 1983 peraih penghargaan Adhi Makayasa yang sangat prestisius, ia selalu tercatat meraih peringkat satu dan lulusan terbaik di setiap pendidikan Polri yang dilaluinya seperti saat sekolah PTIK, SESPIM, SESPATI, LEMHANAS. Oleh sebab itu kariernya mulus karena selalu berkesempatan menduduki sejumlah jabatan penting di Polri.

Pada saat berpangkat Komisaris Besar (Kombes) beliau pernah menjabat sebagai Ajudan Presiden RI di masa pemerintahan Megawati Soekarnoputri. Setelah itu beliau kemudian sempat tercatat sebagai jenderal termuda di Polri saat dipromosikan naik pangkat bintang satu atau Brigadir Jenderal (Brigjen) dengan jabatan sebagai Kepala Biro Pembinaan Karyawan (Binkar) Mabes Polri.

Selanjutnya,Budi Gunawan dipercayakan menjabat sebagai Kepala Selapa Polri dan dipromosikan menjadi Kapolda Jambi yang merupakan Polda tipe B, tak lama kemudian beliau dipromosikan naik pangkat bintang dua atau Inspektur Jenderal (Irjen) dengan jabatan sebagai Kepala Divisi Pembinaan Hukum (Kadiv BinKum),

Budi Gunawan juga sempat menjadi Kapolda Bali yang merupakan Polda tipe A, dan akhirnya tak lama kemudian tanda pangkat bintang tiga pun disematkan di pundaknya ketika beliau akhirnya meraih pangkat Komisaris Jenderal (Komjen) dan dipromosikan dengan jabatan Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol) yang membawahi lembaga-lembaga pendidikan seperti Akademi Kepolisian (Akpol), Sekolah Staf dan Pimpinan Polri (SESPIM), Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), dan lainnya.

Kini,jenderal terbaik tamatan Akpol 83 ini mulai diterpa segala isu terkait dicalonkannya menjadi Kapolri oleh Presiden Jokowi.Disatu sisi ada beberapa pihak yang setuju dengan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai pengganti Jenderal Pol Sutarman.Dan ada juga yang mengganjalnya dengan segala isu dihembuskan ke publik. Namun,semua itu tergantung Presiden Jokowi.Intinya,siapa pun yang dipilih Jokowi menjabat Kapolri tentu putra terbaik Polri dan jelas sudah layak menjabat Kapolri.(jtn/admin)

Foto|Komjen Pol Budi Gunawan\Dok.\net\

News Feed