oleh

Melahirkan Polisi Berkarakter Islami,Calon Polisi di Aceh Wajib Bisa Baca Alquran

OKEBUNG|
Untuk melahirkan polisi-polisi berkarakter Islami,Kepolisian Daerah Aceh (Polda) mewajibkan setiap calon polisi yang mendaftar mengikuti tes wajib uji baca Alquran. Uji baca Alquran yang mulai diberlakukan tahun ini.

“Kita menginginkan di Aceh ini nanti lahir polisi-polisi yang agamis, bisa melancarkan dakwah-dakwah juga kepada masyarakat,” sebut Kabid Humas Polda Aceh, AKBP Teuku Saladin kepada wartawan,baru-baru ini.

Dia mengatakan, tes uji baca Alquran merupakan terobosan baru yang diterapkan Kapolda Aceh Irjen Pol Husein Hamidi dan sudah disetujui Mabes Polri. Mengingat provinsi Aceh sebagai daerah otonomi yang sedang menjalankan Syariat Islam.

Sementara itu,Kabag Pengendalian Personil Polda Aceh AKBP Yoga Prasetyo menjelaskan, tes uji baca Alquran hanya diperuntukkan untuk calon polisi beragama Islam. Uji baca Alquran, sebutnya, tak akan menentukan seseorang lulus atau gungur sebagai calon polisi, namun para calon muslim tetap wajib ikut.

“Ibaratnya, uji baca Alquran ini sebagai nilai tambah bagi calon. Misalnya, kalau nanti ada dua orang yang nilai semua tesnya sama. Kemudian yang satunya punya nilai bagus dalam baca Alquran, maka ini yang berpotensi lulus,” jelas Yoga.

Menurutnya, teknis uji tes baca Alquran sedang dimatangkan panitia penerimaan calon polisi Polda Aceh. Dalam pelaksanannya nanti, Polda Aceh akan menggandeng Kementerian Agama wilayah Aceh untuk membentuk tim penguji dan penilai.

Dalam uji baca Alquran nanti, sebut Yoga, yang dinilai adalah kemampuan membaca baik secara makhraj dan tajwidnya.

Uji baca Alquran akan digelar pada sesi akhir setelah calon siswa melewati tes administrasi, pemeriksaan kesehatan (Rikes) I, tes psikologi, akademik, jasmani dan rikes tahap II.

“Tes baca Alquran ini dilakukan saat jeda nanti setelah Rikes II, diperkirakan jatuh dalam bulan puasa (Ramadhan),” tutupnya.(okz\admin)

Foto |polisi.dok.net\

News Feed