Home / Kodam I/BB / Mayjen TNI Doni Monardo Resmi Menjabat Danjen Kopassus

Mayjen TNI Doni Monardo Resmi Menjabat Danjen Kopassus

OKEBUNG |
Mayjen TNI Doni Monardo resmi menjabat sebagai Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus, menggantikan Mayjen TNI Agus Sutomo yang naik jabatan menjadi Pangdam Jaya.

Acara serah terima jabatan (sertijab) Danjen Kopassus digelar di Markas Kopassus, Cijantung, Jaktim, Jumat (23/10/2014)yang dipimpin oleh KSAD Jenderal Gatot Nurmantyo.

Dalam sertijab, Danjen Kopassus yang lama, Agus Sutomo menyerahkan tongkat komando, Pataka Komando Tribuana Chandrasah Satya Dharma dan tanda jabatan kepada KSAD. Setelahnya KSAD memberikan tongkat komando, Pataka Komando Tribuana Chandrasah Satya Dharma dan tanda jabatan Danjen Kopassus kepada Doni.

“Telah menerima tugas dan wewenang sebagai komandan kopassus dari Mayjen Agus Sutomo, siap melaksanakan tugas,” kata Doni usai mendapatkan tanda jabatan.

Hadir dalam acara ini sejumlah Jenderal purnawirawan seperti mantan Danjen Kopassus Prabowo Subianto, Pramono Edhi Wibowo, Endriartono Sutarto, Sutiyoso dan Subagyo HS. Sertijab ini juga dihadiri oleh Fadli Zon, Irman Gusman, dan Titiek Suharto.

“Selamat datang dan selamat kembali lagi ke Kopassus Mayjen Doni Monardo. Semoga amanat ini dapat dilaksanakan sebaik-baiknya. Sertijab dilakukan dalam rangka regenerasi pimpinan kepada perwira,” ucap Gatot dalam sambutannya.

Jenderal Bintang 4 itu pun mengucapkan terima kasih kepada Agus Sutomo atas pengabdiannya sebagai Danjen Kopassus ke-26. “Selaku KSAD dan atas nama pribadi saya ucapkan terimakasih kepada Mayjen Agus Sutomo atas dedikasi dan pengabdiannya selama ini,” kata Gatot.

Doni sebelum menjabat sebagai Danjen Kopassus, lulusan Akmil tahun 1985 ini menjabat sebagai perwira di Kopassus. Pada tahun 2005-2006, Dia ditugaskan di Aceh selama setahun. Setelahnya ia ditarik kembali ke Jakarta dan bergabung dengan Paspampres.

Pada tahun 2006, Doni dipindahkan ke Kostrad Makassar, Sulawesi Selatan. Kemudian Doni dipromosikan menjadi Dan Grup A Paspampres hingga 2010.

Doni kemudian diberi kepercayaan menjadi Danrem 061 Surya Kencana Bogor hanya untuk beberapa bulan lalu Doni kembali diberi kepercayaan menjadi Wadanjen Kopassus. Tugas yang melambungkan nama Doni adalah ketika ditugaskan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)menjadi Wakil Komando Satuan Tugas untuk pembebasan Kapal MV Sinar Kudus yang dibajak oleh perompak Somalia. Keberhasilan itu yang membuat Doni naik pangkat menjadi Brigadir Jenderal.

Pada April 2012 Doni mengikuti pendidikan PPSA XVIII di Lemhannas dan 4 bulan kemudian Doni dipromosikan menjadi Danpaspampres. Ia kini menjadi Danjen Kopassus ke-27.

Usai sertijab dilakukan, jajaran Kopassus memamerkan keahlian terjun payung. Selain itu juga ada defile pasukan Kopassus.(btk\net)

Foto:internet

Check Also

Detik–Detik Menjelang Jam “J” Babak Serangan YTP R-100/PS Kodam I/BB

OKEBUNG| Persiapan menjelang Jam “J” Babak Serangan latihan Batalyon Tim Pertempuran (YTP) Raider 100/PS Kodam …